Begini Urutan Skincare Malam Hari yang Benar, Awas Jangan Keliru!

Malam hari adalah waktu bagi kulit untuk beregenerasi. Maka dari itu perbaiki kerusakan sel kulit dengan skincare yang tepat. Kamu harus tahu urutan skincare malam yang benar sebagai rutinitas terbaik di malam hari.

Karena melapisi wajah dengan urutan produk yang salah akan membuat produk tidak efektif atau bahkan menyebabkan iritasi. Maka dari itu, baca dan temukan langkah yang tepat untuk rutinitas perawatan kulit yang benar. Sehingga nantinya kamu lebih yakin apa yang harus digunakan lebih dulu.

10 Urutan Skincare Malam Hari yang Benar

Berikut 10 step skincare malam yang benar:

1. Menggunakan Cleansing Oil

Urutan Skincare Malam yang pertama Menggunakan Cleansing Oil

Mulai perawatan kamu dengan membersihkan sisa makeup yang kamu gunakan. Karena sisa kosmetik di wajah dapat menghambat proses alami pembaruan sel-sel kulit.

  • Tujuannya: Supaya kulit tidak kering dan sisa makeup tidak menyebabkan iritasi atau bahkan menimbulkan jerawat. Karena bahan kimia dari sisa kosmetik akan menimbulkan masalah jangka panjang sehingga mencegah peremajaan kulit.
  • Cara pemakaian: Bersihkan tangan lalu teteskan cleansing oil dan ratakan  ke seluruh permukaan kulit. Beri sedikit pijatan dan bersihkan dengan air hangat.

Jangan lupa menggunakan handuk bersih untuk mengeringkan wajah. Kamu juga bisa mengikuti instruksi pada produk pembersih yang kamu gunakan. Satu lagi, pastikan kamu menggunakan pembersih yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan produk kecantikan yang kamu gunakan.

  • Lewati langkah ini jika: Kamu tidak menggunakan makeup.

Langkah ini juga merupakan urutan skincare malam Korea yang pertama, karena dapat menghilangkan sisa riasan yang bahkan tidak terlihat.

2. Melakukan Eksfoliasi atau Scrub Wajah

Melakukan Eksfoliasi atau Scrub Wajah

Dalam urutan skincare malam yang benar, eksfoliasi harus dilakukan setelah wajah benar-benar sudah bersih dari makeup.

  • Tujuannya: Menghilangkan seluruh sisa kotoran dan sel kulit mati. Sehingga proses mencuci wajah dengan sabun bisa menyerap dengan efektif dan proses mencuci wajah menjadi lebih efisien.
  • Cara pemakaian: Siapkan scrub berbahan kimia atau berbahan alami yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Lalu oleskan scrub ke wajah dengan cara memutar perlahan dan lakukan dengan lembut. Apabila menggunakan waslap, usap lembut secara merata membentuk garis pendek. Lakukan selama 30 detik dan basuh dengan air hangat.

  • Lewati langkah ini jika: Kamu sudah melakukannya kemarin dan jika kamu memiliki luka bakar atau luka terbuka di wajah. Terlebih jika kamu berencana menggunakan produk yang mengandung retinol.
  • Aturan: Untuk kulit kering dan sensitif, satu kali dalam seminggu cukup. Namun buat kamu pemilik kulit berminyak, lakukan 2-3 kali seminggu.

Langkah ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang memiliki kulit kering, sensitif, dan mudah berjerawat.

Jadi, urutan skincare malam untuk kulit berjerawat sangat diharuskan melakukan eksfoliasi secara rutin. Karena dapat mempercepat penyembuhan jerawat dan mencegahnya muncul lagi.

Bahkan pada kulit normal sekalipun, eksfoliasi dapat menghilangkan penumpukan sel kulit mati yang menghambat proses peremajaan kulit.

3. Aplikasikan Facial Wash

Urutan Skincare Malam selanjutnya Aplikasikan Facial Wash atau Facial Foam

Urutan skincare malam hari yang paling penting dan sama sekali tidak boleh kamu lewatkan adalah membersihkan wajah dengan produk facial wash terbaik. Pamungkas dari semua pembersihan yang sudah dilakukan.

Bahkan jika kamu sudah mengantuk dan harus tidur saat itu juga, kamu tetap harus membilas wajah kamu dengan air. Supaya wajah benar-benar bersih dari sisa kotoran, asap, dan debu yang menghambat kulit untuk bernafas.

Termasuk membantu menghilangkan residu yang ditinggalkan oleh penghapus riasan atau cleansing oil yang tadi kamu gunakan.

  • Tujuannya: Mengendalikan kerusakan kulit dan memaksimalkan proses penyerapan produk skincare yang akan kamu gunakan selanjutnya.
  • Cara pemakaian: Basuh wajah kamu dengan air hangat supaya pori-pori terbuka. Kemudian aplikasikan sabun wajah yang kulit kamu butuhkan sambil melakukan pijatan lembut dan merata.

Karena jika tidak, tangan kamu bisa mengiritasi kulit. Terakhir, bilas dengan menggunakan air dingin supaya pori-pori kembali tertutup.

Selain itu, pastikan tangan kamu juga bersih. Tidak hanya itu, handuk yang kamu gunakan untuk mengeringkan wajah juga harus bersih dan khusus untuk wajah.

4. Menggunakan Toner

Urutan Skincare Malam setelahnya Menggunakan Toner

Urutan penggunaan skincare malam setelah mencuci wajah adalah menggunakan toner. Toner akan memaksimalkan pembersihan yang dilakukan yang kemungkinan tidak terangkat saat menggunakan sabun dan pembersih.

Meski demikian, jangan berpikir toner bisa menjadi pengganti cleansing oil atau sabun pembersih wajah. Karena biasanya, toner memang digunakan sebelum penggunaan pelembab dan produk perawatan lainnya.

  • Tujuannya: Mengatasi masalah kulit tertentu, mengangkat sel-sel kulit mati,
  • Cara pemakaian: Teteskan toner pada telapak tangan atau kapas (baca aturan pakai) lalu tepuk pelan-pelan ke seluruh area wajah.
  • Lewati langkah ini jika: Kamu merasa kulit kamu baik-baik saja tanpa toner dan kamu sudah 2 kali menggunakannya pada hari ini.

Pastikan kamu menggunakan toner yang sesuai dengan jenis kulit kamu dan tidak mengandung bahan yang berbahaya.

5. Aplikasikan Masker Wajah

Gunakan Masker Wajah pada Urutan Skincare Malam

Urutan skincare malam yang benar dengan masker adalah setelah penggunaan toner. Memang, waktu terbaik menerapkan masker adalah malam hari.

Karena masker wajah akan membantu kulit menyerap produk perawatan lain yang akan kamu gunakan.

Ingat, baca aturan pakai yang tertera pada packaging masker. Supaya kamu paham kapan harus melepas atau menghapus masker. Karena tidak disarankan mendiamkan masker terlalu lama di wajah.

  • Tujuannya: Memaksimalkan perawatan wajah yang kamu butuhkan serta memperbaiki dan mencegah kulit rusak. Masker juga efektif menjaga kulit supaya terhidrasi, lembab, sejuk, lebih cerah, dan menutrisi kulit.
  • Lewati langkah ini jika: Kamu ingin mengunci perawatan wajah di malam hari dengan sleeping mask atau kamu memang tidak membutuhkan masker.

Urutan skincare malam dengan masker cukup dilakukan 1-3 kali saja dalam seminggu. Karena masker tidak wajib dilakukan setiap hari selama kamu mengikuti urutan pemakaian skincare malam dengan benar.

6. Gunakan Serum Wajah

Gunakan Serum Wajah

Serum wajah adalah langkah awal meningkatkan rutinitas perawatan dan kesehatan  kulit wajah. Karena serum akan bekerja lebih optimal pada malam hari atau saat kamu tidur.

Maka dari itu, pilih serum yang benar-benar menghidrasi kulit selama kamu tidur dan mengandung asam hialuronat.

  • Tujuannya: Melawan tanda penuaan, membersihkan pori-pori, meremajakan kulit, dan mencerahkan kulit. Selain itu juga dapat melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan paparan sinar matahari selama beraktivitas di siang hari.
  • Cara pemakaian: Cukup gunakan 1-2 tetes serum pada wajah lalu tepuk-tepuk perlahan sambil melakukan pemijatan. Lakukan dari bagian tengah ke garis rambut secara perlahan dan menyeluruh.
  • Lewati langkah ini jika: Kamu berniat menggunakan retinol. Karena keduanya sama-sama mengandung asam.

Jangan langsung ke langkah selanjutnya. Biarkan sampai serum tidak meninggalkan kesan lengket di kulit. Jika kamu tidak berlebihan, kulit tidak akan berminyak dan kulit akan terasa kenyal dan lembut.

7. Menambahkan Krim Mata

Menambahkan Cream Mata

Lanjutkan urutan pemakaian skincare malam hari kamu dengan menggunakan eye cream. Khusus untuk malam hari, sebaiknya gunakan krim mata yang mengandung formula antikerut, antioksidan, dan mampu mengencangkan kulit dengan konsentrasi tinggi.

Produk yang tepat akan membantu meningkatkan produksi kolagen dan menunda tanda-tanda penuaan. Sehingga tampilan mata menjadi lebih menarik, tidak ada garis ekspresi, dan tidak terlihat lelah.

  • Tujuannya: Meningkatkan kadar air, mengurangi bengkak dan lingkaran hitam, melembabkan sekaligus mencegah keriput.
  • Cara pemakaian: Oleskan sedikit krim mata dengan alat atau tangan yang bersih lalu tepuk lembut ke kulit, bukan menggosok. Aplikasikan ke seluruh area mata dan biarkan selama 3-5 menit sampai krim benar-benar meresap.
  • Lewati langkah ini jika: Serum atau pelembab kamu dapat digunakan dengan aman dan efektif di bagian bawah mata.

Krim mata memiliki bentuk gel dan menggunakannya pada malam hari akan memberi kesempatan bagi produk untuk menembus kulit.

8. Mengoleskan Krim Malam

Mengoleskan Krim Malam

Krim malam adalah urutan skincare malam untuk remaja yang sangat dianjurkan. Karena baik untuk mencegah kerutan, garis wajah, dan kulit kendur. Selain itu juga membantu sirkulasi darah dan meningkatkan kolagen di kulit.

  • Tujuannya: Sejatinya, krim malam akan menutrisi dan melembabkan kulit, sehingga kulit wajah terasa lebih lembut dan halus pada pagi hari. Termasuk memperbaiki skin tone kulit, menghilangkan noda hitam serta membangun serat kolagen yang efektif mencerahkan kulit.
  • Cara pemakaian: Letakkan krim malam pada dahi, kedua pipi, hidung, dan dagu. Gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk meratakan krim. 

Lakukan gerakan memutar ke luar dan ke atas sampai merata ke seluruh area wajah, kecuali kelopak mata. Beri pijatan lembut dan lakukan sampai tidak ada lagi sisa krim.

Gunakan juga pada bagian leher supaya leher juga lembap dan bebas dari garis halus. Supaya lebih efektif, disarankan menggunakan krim malam setiap hari.

9. Memakai Moisturizer

Gunakan Moisturizer

Selanjutnya kunci perawatan kamu dengan moisturizer untuk urutan skincare malam agar glowing dan lembab. Selain itu juga efektif menahan produk kecantikan yang sudah kamu gunakan.

Untuk hasil terbaik, gunakan moisturizer yang mengandung lipid, asam hialuronat, dan protein.

  • Tujuannya: Meningkatkan regenerasi kulit, memperbaiki kerusakan, menutrisi kulit, dan mencegah timbulnya berbagai masalah kulit.

Moisturizer juga akan menutupi kekurangan pada wajah kamu dan membantu kulit supaya berfungsi dengan baik. Terlebih lagi untuk menghindari peradangan dan membuat tekstur wajah lebih kenyal.

  • Cara pemakaian: Gunakan jari untuk meletakkan sedikit moisturizer di dagu, pipi, dan dahi. Jangan terlalu banyak supaya kamu tidak kesulitan meratakannya.

Sekarang gunakan jari-jari kamu untuk meratakan pelembab ke seluruh area wajah dengan cara memutar. Cukup oleskan dengan lembut dan jangan menekan apalagi menggosok.

Moisturizer sangat mendukung kecantikan dan kesehatan kulit wajah kamu. Karena kaya akan kandungan vitamin A, B5, E sampai vitamin C, dan antioksidan. Itu sebabnya moisturizer sangat dibutuhkan terutama bagi kamu yang ingin memiliki kulit kencang, lembab, dan bebas rusak.

10. Penutup

Penutup Skin Care Malam

Berikutnya adalah penutup dari semua perawatan kecantikan kamu. Waktu terbaik bagi kamu yang ingin melakukan perawatan pada bibir kering atau ingin menggunakan masker tidur.

Karena urutan skincare malam sleeping mask adalah di bagian akhir. Supaya kulit menyerap dengan baik manfaat dari masker tidur yang kamu gunakan. Setelahnya kamu bisa tidur pulas dan membiarkan produk kecantikan kamu yang lain bekerja maksimal.

Terlebih jika kamu bermasalah dengan bibir kering, sebaiknya gunakan lip balm. Karena lip balm akan mencegah bibir menjadi kering dan pecah-pecah saat kamu tertidur.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan lip balm yang mengandung shea butter dan minyak alami. Selain itu, hindari lip balm dengan kandungan hyaluronic acid dan glycerin.

Jadi, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi, mana yang harus digunakan dan mana yang harus digunakan selanjutnya. Dengan mengikuti urutan skincare malam yang tepat, produk kecantikan kamu akan memberikan manfaat yang sangat memuaskan.

Check Also

Face Wash Hada Labo

3 Varian Face Wash Hada Labo Harga Terjangkau, Hasil Wow

Ingin punya kulit sehat dan cerah alami seperti orang Jepang, tapi takut harga skincare-nya mahal? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *