4 Tips Jitu Merawat Sepatu Wanita Supaya Awet

Siapa di antara Anda yang senang mengoleksi banyak sepatu? Bagi Sebagian besar wanita, kebiasaan ini menjadi hobi yang menyenangkan. Kaum hawa memang selalu identik dengan fashion. Memiliki sejumlah model sepatu wanita yang fashionable dan nyaman dipercaya akan meningkatkan level kepercayaan diri mereka.

Supaya koleksi sepatu wanita kesayangan Anda tidak cepat rusak dan selalu nyaman digunakan untuk waktu yang lama, yuk simak tips merawat sepatu berikut ini.

Jangan Sembarangan Membersihkan Sepatu

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat merawat koleksi sepatu wanita Anda, yaitu jangan sembarangan membersihkan. Kebanyakan orang berpikir harus mencuci sepatu sesering mungkin, terutama untuk sepatu yang rutin digunakan di luar ruangan.

Ini kebiasaan yang salah. Alih-alih merawat sepatu, Anda malah membuatnya cepat rusak. Sering mencuci sepatu hanya akan membuat warnanya cepat kusam.

Bersihkan sepatu sesuai dengan bahan. Perhatikan caranya berikut ini:

1. Sepatu Berbahan Kulit Buatan

Sepatu Berbahan Kulit Buatan

Sepatu wanita berbahan kulit buatan atau sintetis, misalnya flat shoes sangat disukai wanita karena memberikan kesan casual saat digunakan. Merawat sepatu jenis ini harus dilakukan dengan hati-hati.

Untuk membersihkannya dari debu, gunakan sikat sepatu berbulu halus. Saat mengaplikasikannya di sepatu, lakukan dengan lembut agar bahan kulit sintetis tidak lecet.

Jika terdapat noda pada sepatu, jangan mencucinya dengan sabun. Bahan kimia pada sabun hanya akan merusak lapisan kulit sintetis. Anda cukup menggunakan kain lap halus yang sudah dibasahi air hangat atau cairan pembersih khusus untuk kulit sintetis. Aplikasikan dengan lembut pada sepatu sampai noda tersebut hilang.

2. Sepatu Berbahan Suede

Sepatu Berbahan Suede

Jika Anda termasuk pengoleksi suede shoes, ada baiknya memperhatikan cara perawatannya. Bahan jenis suede terbuat dari bagian kulit berbulu pada sapi atau kambing. Bahan ini sulit perawatannya. Mengapa? Karena materialnya lembut seperti beludru. Tekstur seperti ini membuat sepatu lebih gampang menyimpan kotoran dan debu.

Untuk membersihkan sepatu wanita jenis suede shoes, sangat tidak dianjurkan menggunakan air. Air akan sangat mudah merusak bahan dan membuat warna cepat kusam. Hindari penggunaan sepatu ini di saat musim penghujan. Jika sepatu terkena air, segera keringkan dengan lap atau hairdryer suhu minimum.

Jika berdebu, bersihkan dengan sikat berbulu halus. Lakukan dengan lembut dan perlahan agar bahan tidak lecet. Jika sepatu terkena noda makanan atau minyak, taburkan bedak dan diamkan semalaman. Besoknya, sikat sepatu sampai bersih. Dijamin, noda hilang tak tersisa.

3. Sepatu Berbahan Kulit

Sepatu Berbahan Kulit

Leather shoes atau sepatu kulit digemari karena kesan elegan yang diciptakannya. Jika Anda wanita yang gemar mengoleksi sepatu wanita jenis ini, perhatikan cara membersihkannya ya.

Gunakan sikat halus untuk membersihkan sepatu dari kotoran dan debu. Gunakan pembersih khusus untuk bahan kulit jika ada noda menempel. Jangan lupa untuk mengaplikasikan polish agar sepatu Anda tetap cantik dan mengkilap.

Sangat disarankan untuk tidak menggunakan sepatu jenis ini setiap hari. Usahakan penggunaannya dilakukan selang-seling dengan sepatu lain agar tetap awet.

4. Sepatu Berbahan Kanvas

Sepatu Berbahan Kanvas

Canvas shoes termasuk jenis sepatu yang kuat digunakan setiap hari. Bahannya yang nyaman membuat sepatu jenis ini disukai banyak orang, apalagi model sepatu sneakers. Jika Anda termasuk pengoleksi canvas shoes, perhatikan juga cara membersihkannya.

Anda bisa mencuci sepatu ini menggunakan sabun. Pilihlah jenis sabun cuci piring atau shampoo karena bahannya lebih ringan. Tuang sabun di dalam  wadah berisi air, campur sampai berbusa, kemudian aplikasikan ke sepatu dengan menggunakan sikat gigi atau sikat lembut. Gosok perlahan sampai kotoran dan noda hilang.

Untuk mengeringkannya, cukup diangin-anginkan saja. Jangan meletakkannya langsung di bawah sinar matahari.

Jangan Sembarangan Menyimpan Sepatu

Ini hal yang sepele, tetapi jarang diperhatikan. Jangan pernah menyimpan koleksi sepatu wanita Anda di tempat terbuka. Simpanlah di kotak khusus untuk mencegah sepatu terkena debu dan kotoran usai dibersihkan. Tambahkan juga gel silika di dalam kotak penyimpanan sepatu. Bahan ini berguna untuk menyerap lembap, pemicu bau tidak sedap pada sepatu.

Jangan Biasakan Memakai Sepatu Lembap

Karena buru-buru, sepatu belum kering betul, masih lembap, tetapi langsung digunakan. Ini kebiasaan buruk yang bisa merusak sepatu Anda. Jika memang urgent untuk segera digunakan, keringkan sepatu dengan hairdryer.

Memakai sepatu yang masih lembap hanya akan mempercepat tumbuhnya jamur yang bisa memicu bau dan merusak material sepatu.Sepatu apa saja yang Anda koleksi saat ini? Semoga tips di atas bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk merawat koleksi sepatu wanita kesayangan Anda.

Check Also

Makanan ibu hamil

Ini Dia Makanan dan Minuman Berkalsium untuk Ibu Hamil

Kalsium bukan hanya penting untuk perkembangan anak saja, tetapi juga untuk si ibu. Saat di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *