3 Tips Make Up Natural Sesuai Warna Kulit

Konsep make up natural kian disukai wanita karena mereka bisa tampil cantik tanpa perlu mengaplikasikan kosmetik tebal di wajah. Meskipun sifatnya natural dan sederhana, bukan berarti kamu bisa sembarangan menentukan jenis dan warna kosmetik yang bisa digunakan di wajah.

Kamu perlu menyesuaikannya pilihan makeup dengan jenis, warna dasar, dan warna kulitmu. Perhatikan tips berikut ini.

Tentukan Warna Dasar Kulit

Warna kulit dasar

Mengetahui warna dasar atau undertone kulit sangat penting untuk menentukan makeup apa yang akan digunakan, khususnya lipstik dan foundation.

Ada tiga jenis undertone kulit manusia, yaitu warm, cool, dan neutral. Undertone warm ditandai warna peach hingga kuning sampai keemasan. Undertone cool ditandai warna kulit lebih pucat dan lebih terang dari warm undertone. Warnanya mulai dari pink hingga kebiruan. Undertone neutral atau netral ditandai warna kulit dasar sama dengan dengan warna kulit asli.

Cara paling mudah untuk menentukan undertone kulit bisa dilakukan dengan melihat warna urat nadi di tanganmu. Urat nadi berwarna kehijauan menunjukkan undertone warm. Urat nadi berwarna ungu atau kebiruan menunjukkan undertone cool. Sementara itu, urat nadi berwarna hijau tosca atau antara hijau dan biru menunjukkan undertone neutral.

Setelah mengetahui undertone kulit, langkah berikutnya adalah menyesuaikan warna dasar kulitmu dengan lipstik dan foundation yang akan digunakan.

Sesuaikan Foundation dengan Jenis Kulit

Sesuaikan Foundation dengan Jenis kulit

Sebelum menggunakan foundation, sesuaikan terlebih dahulu teksturnya dengan jenis kulit wajahmu.

Untuk kamu yang punya kulit kering, bisa pilih foundation make over yang teksturnya cair, dan mengandung bahan yang bisa melembabkan kulit seperti Hyaluronic acid.

Jika kulitmu berminyak, gunakan foundation yang teksturnya bubuk atau cair serta rendah kandungan minyak. Pilihlah foundation yang hasil akhirnya matte sehingga berguna untuk menyamarkan minyak di wajah.

Bagi kamu pemilik kulit normal atau kombinasi, pilih foundation yang hasilnya light to medium skin.

Pelajari Make Up Natural dan Alami Sesuai Warna Kulit Wajah

Setelah mengetahui cara menentukan undertone kulit dan jenis foundation yang sesuai dengan jenis kulitmu, saatnya mempelajari aplikasi make up natural sesuai warna kulit.

1. Riasan Natural untuk Kulit Putih

make up natural untuk Jenis kulit putih

Pilihlah foundation sesuai dengan undertone kulitmu. Jangan lupa untuk memilih tekstur foundation yang sesuai dengan jenis kulitmu. Tentukan warna foundation setingkat lebih muda dari warna kulit aslimu.

Aplikasikan bedak secara tipis di wajah dengan menggunakan kuas halus. Jangan lupa sesuaikan bedak dengan warna kulit! Untuk mata, gunakan eyeshadow yang berwarna coklat.

Sebaliknya untuk pipi, kamu cukup menggunakan blushondengan range warna pink sampai peach. Di bagian bibir, pilihlah lipstik dengan warna ringan dan cerah seperti pink dan warna pastel.

2. Riasan Natural untuk Kulit Kuning Langsat

Riasan Make up Natural untuk Kulit Kuning Langsat

Sesuaikan foundation dengan undertone kulitmu. Selanjutnya, pilih foundation dengan warna kekuningan mendekati warna kuning langsat. Jangan lupa sesuaikan tekstur foundation dengan jenis kulitmu.

Aplikasikan bedak secara tipis di wajah, dan di bagian tertentu yang kemungkinan berminyak. Di bagian mata, gunakan eyeshadow dengan warna pink hingga kecoklatan. Jangan lupa tambahkan eyeliner.

Untuk pipi, kamu bisa gunakan blush on berwarna pink hingga peach untuk menimbulkan kesan segar pada wajah. Jangan lupa gunakan lipstik berwarna pink, cokelat, atau pink nude.

3. Riasan Natural untuk Kulit Sawo Matang

Make up Natural untuk Kulit Sawo Matang

Pilih foundation sesuai dengan undertone dan jenis kulitmu. Selanjutnya, pilih warna foundation setingkat lebih gelap dari warna kulit sawo matangmu. Jangan pilih yang lebih terang untuk menghindari kesan belang pada kulit.

Aplikasikan bedak secara tipis merata dan disesuaikan warna kulit. Di bagian mata, aplikasikan eyeshadow dengan warna burgundycooper, atau cokelat matte. Kamu bisa tambahkan eyeliner juga.

Blush on untuk pipi kulit sawo matang biasanya cocok dengan warna merah mawar, orange, hingga peach. Untuk mempercantik bibir, gunakan lipstik berwarna merah tua, orange, cokelat keemasan, hingga cokelat kemerahan.

4. Riasan Natural untuk Kulit Gelap

Makeup natural untuk kulit gelap

Sesuaikan foundation dengan undertone dan jenis kulitmu. Untuk kulit gelap, pilih warna foundation setingkat lebih rendah dari warna kulitmu. Aplikasikan bedak secara tipis merata dan disesuaikan juga dengan warna kulit.

Untuk mata, pilihlah eyeshadow gliter dengan warna perak. Penggunaan eyeliner hanya diaplikasikan di bagian atas mata saja. Di bagian pipi, cukup menggunakan blush on dengan warna coklat.

Jangan lupa menambahkan shimmer powder berwarna perak di bagian tulang pipi. Percantik bibir dengan lipstik berwarna cokelat muda atau nude.

Pemilihan kosmetik yang disesuaikan dengan jenis dan warna kulit sangat menentukan hasil make up yang diaplikasikan ke wajahmu. Semoga tips di atas bisa bermanfaat untukmu ya.

Baca Juga:

Check Also

Concealer Terbaik

5 Merk Concealer Terbaik untuk Semua Jenis Kulit

Concealer merupakan make-up yang berguna untuk menyamarkan bekas jerawat, kantung mata, bahkan bercak hitam. Cara terbaik memilih produk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *