7 Alasan Pentingnya Cukup Minum Air putih

Perlu diketahui bahwa sebanyak 70% dari bobot tubuh manusia terdiri dari air. Hal ini cukup menjadi bukti bahwa manusia sangat membutuhkan asupan air putih yang cukup agar bisa bertahan hidup.

Ketika tubuh kekurangan asupan cairan atau dehidrasi, beberapa fungsi tubuh bisa mengalami penurunan. Hal ini juga berlaku sebaliknya, fungsi tubuh tidak dapat bekerja dengan optimal jika mengalami kelebihan cairan.

7 Manfaat Cukup Minum Air Putih Secara Teratur

Bagi orang yang kurang suka minum, mereka mungkin bertanya-tanya seberapa penting minum air putih itu dan apa manfaatnya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami berikan beberapa manfaatnya di bawah ini. 

1. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Manfaat pertama mengapa kita harus cukup memenuhi asupan air putih ialah untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Mengapa cairan dałam tubuh perlu dicukupi?

Sebab, cairan dalam tubuh memiliki beberapa fungsi penting, mulai dari penyerapan, pencernaan, pembentukan air liur dan lendir, sirkulasi nutrisi, hingga menyeimbangkan suhu tubuh. Selain itu, air juga akan berfungsi untuk menjaga kelembapan mata, hidung, dan mulut.

Tidak sampai di situ saja, darah yang setiap saat mengalir dalam tubuh Anda juga merupakan cairan yang 90% terdiri dari air. Darah ini memiliki fungsi yang sangat penting, salah satunya ialah untuk mengangkut oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

2. Memengaruhi Fungsi Otak

Air putih untuk Kesehatan otak

Berdasarkan sebuah informasi yang didapatkan dari salah satu sumber, fungsi kerja otak ternyata sangat dipengaruhi oleh status hidrasi dari tubuh kita. Hal ini diperkuat dengan hasil sebuah studi.

Penelitian tersebut dilakukan pada sekelompok wanita muda dan ditemukan fakta bahwa ketika tubuh kehilangan cairan sebanyak 1,4% setelah berolahraga, kondisi ini dapat mengganggu konsentrasi dan suasana hati.

Selain itu, studi tersebut pun menyatakan jika tubuh mengalami dehidrasi ringan saja, akan menyebabkan kerusakan pada beberapa fungsi otak.

Sementara itu, pada sumber lainnya dikatakan bahwa dehidrasi berkepanjangan dapat berakibat pada masalah pemikiran dan penalaran. Karena itu, mencukupi asupan air putih menjadi hal yang sangat penting.

3. Mencegah dan Mengobati Sakit Kepala

Air putih untuk Mencegah dan Mengobati Sakit Kepala

Pada saat mengalami dehidrasi, ada beberapa orang yang biasanya akan mengalami sakit kepala atau migrain. Berdasarkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa sakit kepala merupakan salah satu tanda dari dehidrasi yang paling umum dirasakan.

Sementara itu, dalam penelitian lain disebutkan bahwa memenuhi asupan air putih yang cukup dapat membantu meringankan sakit kepala pada orang yang sering mengalaminya. Dengan mengonsumsi air sebanyak 1,5 liter per hari, Anda sudah bisa mengatasi hal ini.

4. Meningkatkan Kecantikan Kulit

Rutin minum air putig dapat Meningkatkan Kecantikan Kulit

Kulit yang terhidrasi dengan baik tentunya akan terlihat lebih cantik ketimbang kulit yang kekurangan cairan. Pasalnya, kulit yang sehat akan mengandung banyak air.

Sementara itu, kulit yang dehidrasi akan lebih mudah mengalami gangguan kulit dan penuaan dini. Hal ini telah diungkapkan oleh seorang dokter spesialis kulit yang mengatakan bahwa kulit yang mengalami dehidrasi akan tampak lebih kering dan kusut.

Hal tersebut dapat diperbaiki dengan memberikan hidrasi yang tepat pada kulit. Karena itu, jika ingin awet muda tidak hanya perawatan wajah saja yang diperhatikan, namun juga rajin menjaga asupan air putih.

Baca Juga: 5 Manfaat Jus Mangga untuk Wajah yang Lebih Cantik

5. Menjaga Fungsi Usus

Minum air putih secara teratur juga bermanfaat untuk Kesehatan usus

Asupan cairan yang cukup juga dapat menjaga fungsi usus sehingga mencegah terjadinya sembelit. Pasalnya, ketika tubuh memiliki hidrasi yang cukup, saluran pencernaan akan bekerja dengan normal.

Sementara itu, ketika Anda kekurangan asupan cairan, usus besar akan menyerap air dari feses sehingga berakhir menjadi sembelit. Oleh karena itu, pada orang yang mengalami konstipasi biasanya akan dianjurkan untuk meningkatkan asupan cairan dan serat.

6. Mencegah Terjadinya Batu Ginjal

Minum air putih secara teratur dapat menghindarkan dari batu ginjal

Cairan tubuh berperan dalam mengangkut limbah dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Ketika tubuh mendapatkan cairan yang cukup, urine akan lebih mudah untuk dikeluarkan dari dalam tubuh. Selain itu, urine yang dibuang akan berwarna terang dan bebas bau.

7. Memaksimalkan Kinerja Fisik

Air putih yang cukup dalam tubuh dapat memaksimalkan kinerja fisik

Ketika tubuh Anda kekurangan asupan air putih, kinerja fisik bisa menurun. Hal ini terjadi karena sel-sel tidak dapat mempertahankan keseimbangan cairan dan elektrolitnya. Akibatnya, otot menjadi lebih cepat lelah.

Itulah mengapa menjaga asupan air itu penting untuk memaksimalkan kinerja fisik. Itu dia beberapa alasan mengapa menjaga asupan air putih itu sangat penting untuk tubuh. Bagaimana? Apakah sekarang masih berani untuk bermalas-malasan minum?

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih?

Untuk memenuhi kebutuhan air putih dalam tubuh bukan berarti asal minum saja. Agar maniata yang didapat dapat optimal, ada beberapa kaidah yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah dengan memperhatikan waktu terbaiknya kapan minum air putih ini.

Nah, berikut adalah jadwal minum air putih yang baik untuk kamu praktekkan:

  • Pagi hari setelah bangun tidur, minum satu atau dua gelas air putih
  • Setengah jam sebelum makan, minumlah satu gelas atau lebih
  • Minum kira-kira satu gelas ketika merasa lelah, sebelum olahraga, di sela-sela olahraga, dan setelah selesai olahraga
  • Dan perbanyak minum air putih ketika sedang sakit

Bagaimana Cara yang Baik Minum Air Putih?

Tidak hanya soal kapan waktu terbaiknya saja, tapi kamu juga perlu memperhatikan bagaimana cara yang baik minum air putih ini. Lalu, bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa cara yang Bisa kamu jadian referensi:

  • Sangat tidak dianjurkan minum tergesa-gesa, apalagi minum satu gelas dalam satu tegukkan langsung habis. Minumlah secara pelan-pelan dan bertahap, kira-kira tiap tiga seruputan ambil jeda dan nafas, ulangi sampai satu gelas habis.
  • Untuk memudahkan minum, taruh satu botol air mineral di dekatmu, bunyikan alarm setiap 30 menit sekali, minum 3 tegukkan – 6 tegukkan setiap alarm berbunyi. Cara ini bisa melatih kamu untuk teratur minum air putih.

Nah, setelah mengetahui beragam manfaatnya, kamu tentunya menjadi bersemangat bukan untuk mempraktekkannya. Jangan lupa, praktek terbaiknya adalah minum sesuai jadwal dan cara yang telah disebutkan di atas.

Check Also

Tips membersihkan sepatu

4 Tips Jitu Merawat Sepatu Wanita Supaya Awet

Siapa di antara Anda yang senang mengoleksi banyak sepatu? Bagi Sebagian besar wanita, kebiasaan ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *