7 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat kunyit ternyata bukan hanya sebagai penyedap masakan dapur saja. Akan tetapi, kunyit juga memiliki peran yang cukup penting untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa orang jarang menyadari manfaat ini, padahal kunyit sering dijadikan obat tradisional sejak dahulu.

Dalam 100 gram kunyit, Anda akan mendapatkan beberapa kandungan nutrisi, mulai dari protein, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin C, hingga zat besi. Selain itu, kunyit juga mengandung antioksidan dan antimikroba yang akan memiliki efek baik pada kesehatan.

7 Manfaat Kunyit untuk Tubuh

Dengan beberapa kandungan yang telah disebutkan di atas, kunyit tentu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Setidaknya, ada 7 manfaat kunyit untuk kesehatan yang jarang disadari oleh masyarakat. Beberapa manfaat tersebut di antaranya sebagai berikut.

Baca Juga :

1. Mengurangi Nyeri pada Penderita Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan salah satu penyakit yang mengakibatkan sendi terasa nyeri, kaku, dan hilang kelenturannya. Ada beberapa penelitian yang menyebutkan jika manfaat kunyit salah satunya ialah dapat membantu mengurangi nyeri.

Dalam penelitian tersebut bahkan diungkapkan jika ekstrak kunyit memiliki efek setara ibuprofen dalam mengatasi rasa nyeri karena osteoarthritis. Namun, jika Anda ingin menggunakan kunyit untuk mengobati penyakit tersebut sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat Kunyit untuk mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Mengonsumsi kunyit diketahui dapat menjadi salah satu upaya untuk mencegah penyakit jantung.

Hal tersebut terjadi karena kunyit memiliki kandungan kurkumin yang dapat meningkatkan fungsi endothelium atau lapisan pembuluh darah. Selain itu, kandungan antioksidan dalam kunyit juga akan ikut berperan dalam mencegah penyakit jantung.

3. Meredakan Rasa Gatal

Manfaat kunyit berikutnya ialah untuk mengurangi rasa gatal pada kulit. Hal ini didukung oleh sebuah hasil studi yang menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu meredakan gatal pada kulit penderita penyakit ginjal kronis.

Dalam hal ini, Anda bisa mengonsumsi kunyit sebanyak 3 kali sehari dalam waktu 8 minggu. Agar mendapatkan reaksi yang lebih maksimal, Anda bisa mengombinasikan produk yang mengandung kurkumin dan ekstrak lada hitam.

4. Membantu Meringankan Gangguan Menstruasi

Keluhan yang satu ini pasti dialami oleh hampir semua wanita. Selama periode datang bulan, wanita biasanya sering mengalami perubahan mood dan merasakan keram perut sehingga membuat hari-hari terasa kurang menyenangkan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung kurkumin ternyata dapat membantu untuk meringankan gejala PMS atau premenstrual syndrome. Bukan hanya itu, kunyit juga dipercaya dapat membantu meredakan keram perut yang sering dialami oleh wanita menstruasi.

5. Mengatasi Gangguan Saluran Pencernaan

Manfaat kunyit lainnya untuk kesehatan ialah dapat membantu mengatasi gangguan saluran pencernaan. Kurkumin terbukti cukup efektif dalam mengatasi berbagai masalah pada saluran pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS), dyspepsia, tukak lambung, hingga pankreatitis.

Bukan hanya itu saja, kandungan kurkumin pada kunyit juga sering dijadikan sebagai obat tradisional untuk menambah nafsu makan dan meredakan gejala asam lambung.

6. Mencegah Kanker

Kurkumin yang terkandung pada kunyit memiliki sifat antiinflamasi yang dipercaya dapat menghambat pertumbuhan, perkembangan, hingga penyebaran sel kanker dalam tubuh. Namun, hal ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan tingkat efektivitasnya.

7. Mengatasi Berbagai Masalah Kesehatan

Kunyit untuk Kesehatan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kunyit memiliki sifat antiinflamasi. Berkat sifat antiinflamasi tersebut, kunyit menjadi obat tradisional yang cukup ampuh digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, mulai dari jerawat, eksem, penuaan dini, hingga psoriasis.

Selain itu, manfaat dari kunyit yang juga bisa Anda rasakan di antaranya mencegah Alzheimer, menurunkan kolesterol jahat, mencegah penyakit diabetes, meringankan gejala asam urat, hingga menjaga kesehatan mata.

Namun, beberapa khasiat ini masih perlu diperjelas dengan penelitian untuk mendapatkan tingkat efektivitasnya. Bukan hanya itu saja, kunyit juga diklaim dapat digunakan sebagai obat usus buntu oleh sebagian masyarakat.

Sayangnya, klaim tersebut hanyalah mitos dan hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang membenarkan hal tersebut Ternyata manfaat kunyit itu banyak sekali, bukan?

Oleh sebab itu, Anda bisa rutin mengonsumsi kunyit atau menyertakannya dalam berbagai bumbu masakan.

Check Also

Makanan ibu hamil

Ini Dia Makanan dan Minuman Berkalsium untuk Ibu Hamil

Kalsium bukan hanya penting untuk perkembangan anak saja, tetapi juga untuk si ibu. Saat di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *