12 Manfaat Collagen yang Perlu Kamu Tahu

Tahukah kamu apa saja manfaat collagen? Atau kamu sebenarnya belum tahu apa itu collagen? Collagen atau kolagen sebenarnya merupakan protein yang sangat penting dalam tubuh. Keberadaan kolagen dalam tubuh sangat melimpah dan mempunyai banyakk manfaat.

Saat ini kolagen juga banyak digunakan dalam campuran kosmetik maupun skincare. Meski tubuh bisa memproduksinya sendiri, namun seiring dengan bertambahnya usia jumlah kolagen dalam tubuh juga berkurang. Jika produksinya menurun, manfaat kolagen dalam tubuh pun berkurang.

Lalu apa saja sebenarnya manfaat kolagen bagi tubuh? Selama ini kolagen diklaim cukup vital untuk kecantikan kulit. Namun ada banyak manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh. Apa saja?

1. Mengencangkan Kulit

Manfaat Collagen untuk mengencangkan kulit

Kolagen sangat bermanfaat untuk kulit wajah dan tubuh. Salah satu manfaat kolagen untuk kulit adalah mengencangkan kulit wajah.

Semakin bertambah usia kulit kamu akan semakin mengendur dan kehilangan elastisitasnya. Hal inilah yang membuat kamu terlihat tua dan banyak keriput atau kerutannya.

Untuk mengencangkan kembali kulit yang sudah mengendur, diperlukan asupan kolagen yang cukup. Kolagen mampu mengembalikan kekencangan kulit wajah agar tampak lebih muda. Tidak hanya itu, kolagen juga membuat kulit tampak lebih kenyal dan sehat.

2. Mencegah Penuaan Dini

Collagen dapat mencegah penuaan dini

Kolagen tidak hanya bisa mengencangkan kulit, tapi juga bisa mencegah penuaan dini. Penuaan dini ditandai dengan munculnya garis halus dan kerutan tipis. Kulit wajah yang semakin tidak merata juga bisa menjadi tanda kulit kamu mengalami penuaan.

Kolagen mampu mengatasi masalah penuaan dini ini. Dengan asupan kolagen yang cukup, pada kulit maka garis halus dan warna tidak merata pada kulit bisa teratasi. Kulit kamu akan tampak lebih muda dan terlihat glowing.

Kamu bisa mendapatkan pencegahan penuaan dini ini dari manfaat collagen serum. Gunakan serum kolagen secara rutin untuk mencegah penuaan dini.

3. Melembapkan Kulit

Manfaat Collagen untuk melembabkan kulit

Manfaat collagen untuk wajah yang selanjutnya adalah bisa menjaga kelembapan kulit. Kulit yang terjaga kelembapannya bisa membuatmu terlihat lebih cantik dan glowing.

Untuk menjaga kelembaoan kulit, asupan kolagen dalam tubuh haruslah cukup. Dengan asupan kolagen yang terpenuhi kulit kamu tidak akan mengalami kekeringan, terlihat segar dan lembap sepanjang hari.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Collagen juga dapat mempercepat penyembuhan luka

Belum banyak yang tahu bahwa manfaat dari kolagen adalah bisa mempercepat penyembuhan luka. Kolagen ternyata membantu menumbuhkan kembali jaringan kulit yang rusak.

Keberadaan kolagen sangat penting dalam penyembuhan luka. Semakin banyak kandungan kolagen dalam tubuh, maka luka akan semakin cepat sembuh. Untuk menghilangkan bekas luka pada wajah, silahkan kunjungi cara menghilangkan bekas luka pada wajah.

Selain menyembuhkan luka, kolagen juga bisa menghilangkan bekas luka, lho. Kolagen akan menumbuhkan kembali jaringan baru pada kulit yang terluka dan menghilangkan bekasnya. Tidak salah jika banyak obat penghilang luka juga mengandung kolagen.

5. Menghilangkan Selulit

Menghilangkan selulit bisa menggunakan kolagen

Manfaat collagen untuk kulit masih banyak, salah satunya bisa membantu menghilangkan selulit. Selulit merupakan jaringan lemak yang naik ke permukaan kulit karena kurangnya elastisitas pada kulit.

Biasanya selulit muncul ketika berat badan turun atau setelah melahirkan. Selulit memang tidak berbahaya, namun jika dibiarkan saja, tentu bisa mengganggu penampilan. Untuk menghilangkannya kamu membutuhkan asupan kolagen yang cukup.

Selain mengonsumsi makanan mengandung kolagen, kamu juga bisa menggunakan krim yang mengandung kolagen untuk menghilangkan selulit. Semakin banyak asupan kolagen pada kulit maka selulit bisa hilang dengan cepat.

6. Menguatkan Rambut

Collagen bagus untuk menguatkan ramjet sehingga tidak mudah rontok

Kolagen juga bagus untuk kesehatan rambut. Salah satu manfaat dari collagen untuk rambut adalah bisa membantu menguatkan akarnya. Kolagen mampu membuat akar rambut menjadi lebih kokoh sehingga rambut tidak mudah rontok.

Tidak hanya menguatkan akar rambut saja, kolagen juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan. Konsumsi kolagen yang cukup bisa membuat rambut kamu terlihat lebih glowing dan tidak mudah kusut.

Untuk mendapatkan manfaat kolagen untuk rambut kamu bisa menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung kolagen. Konsumsi buah dan sayur yang kaya kolagen juga bisa membantu menjaga kesehatan rambut.

7. Mencegah Kerusakan Folikel Rambut

Collagen juga dapat mencegah rusaknya folikel rambut

Manfaat collagen untuk rambut yang lainnya adalah bisa mencegah kerusakan folikel rambut. Folikel rambut yang rusak bisa menyebabkan rambut tidak akan tumbuh lagi atau dengan kata lain kamu akan mengalami kebotakan.

Masalah kebotakan sekarang ini tidak hanya dialami oleh para orang tua saja. Sekarang ini sudah banyak anak muda bahkan remaja mengalami kebotakan. Salah satu penyebab kebotakan adalah kurangnya asupan kolagen pada kulit rambut.

Oleh karena itu, kamu harus mencukupi kebutuhan kolagen pada tubuh agar terhindar dari kebotakan.

8. Melancarkan Sirkulasi Darah Menuju Kulit

Kolagen dapat memperlancar aliran darah

Manfaat lainnya dari kolagen adalah melancarkan sirkulasi darah menuju kulit. Sirkulasi darah yang lancar akan membuat kulit menjadi tampak lebih cerah dan sehat. Selain itu, kamu juga akan terhindar dari penyakit kardiovaskuler atau penyakit jantung jika sirkulasi darahmu lancar.

Untuk melancarkan sirkulasi darah menuju kulit asupan kolagen dalam tubuh juga harus terjaga. Kamu bisa mulai mengonsumsi makanan tinggi protein seperti ayam dan ikan untuk memenuhi asupan kolagen dalam tubuh. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi minuman mengandung kolagen untuk kesehatan tubuh.

9. Meningkatkan Massa Otot

Manfaat Kolagen untuk tubuh bisa meningkatkan massa otot

Manfaat collagen untuk tubuh yang masih belum banyak orang tahu adalah bisa meningkatkan massa otot. Untuk membentuk otot kamu membutuhkan asupan kolagen yang cukup.

Kamu yang ingin membentuk masa otot atau ingin membuat tubuh menjadi lebih kekar harus mengonsumsi kolagen yang cukup. Untuk membentuk otot, kamu bisa mengkonsumsi telur yang kaya akan protein dan kolagen. Konsumsi susu yang mengandung kolagen juga perlu agar massa otot bertambah dengan cepat.

10. Membantu Membakar Lemak

Kolagen mampu membakar lemak dalam tubuh

Tidak hanya bisa meningkatkan masa otot saja, kolagen juga bisa membantu membakar lemak dalam tubuh. Kamu yang ingin menurunkan berat badan bisa mengkonsumsi minuman yang kaya akan kolagen.

Kolagen bisa membantu membakar lemak berlebih yang ada di bawah kulit. Selain mengonsumsi minuman berkolagen, kamu juga perlu berolahraga agar lemak dalam tubuh bisa terbakar maksimal.

11. Mengatasi Nyeri pada Sendi

Kolagen dapat mengatasi nyeri sendi

Manfaat collagen untuk kesehatan yang masih jarang diketahui adalah bisa membantu mengatasi nyeri pada sendi. Salah satu penyebab nyeri sendi adalah kurangnya minyak atau pelumas di antara sendi.

Kolagen yang semakin menipis di area tersebut juga bisa menyebabkan sendi menjadi nyeri. Untuk mengatasi nyeri pada sendi, kamu perlu mengonsumsi kolagen dengan cukup. Konsumslahi sayur dan buah kaya kolagen untuk mengatasi nyeri pada sendi.

12. Memperlambat Pembentukan Uban

Tidak hanya memperlambat penuaan dini pada wajah saja, kolagen juga bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya uban. Kolagen mampu membuat rambut tumbuh dengan sehat dan tidak berubah warna. Oleh karena itu, kamu perlu mengkonsumsi kolagen agar rambut tidak mudah beruban.

Untuk mendapatkan semua manfaat collagen kamu harus memenuhi kebutuhan kolagen dalam tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi makanan seperti ayam, telur, ikan, bayam, dan brokoli. Selain makanan, kamu juga bisa mengkonsumsi minuman yang mengandung kolagen.

Baca Juga:

Check Also

Face Wash Hada Labo

3 Varian Face Wash Hada Labo Harga Terjangkau, Hasil Wow

Ingin punya kulit sehat dan cerah alami seperti orang Jepang, tapi takut harga skincare-nya mahal? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *