Ini Dia Makanan dan Minuman Berkalsium untuk Ibu Hamil

Kalsium bukan hanya penting untuk perkembangan anak saja, tetapi juga untuk si ibu. Saat di dalam kandungan, janin akan membutuhkan kalsium untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal, terutama pada proses pembentukan tulang dan gigi.

Sumber asupan kalsium janin tentunya hanya bersumber dari asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibunya. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mencukupi asupan kalsium demi mengoptimalkan tumbuh kembang janinnya.

5 Makanan dan Minuman Berkalsium untuk Ibu Hamil

Untuk bisa membantu mengoptimalkan perkembangan janin dalam kandungan, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan dan minuman berkalsium tinggi berikut ini.

1. Yoghurt

Yoghurt mengandung tinggi kalsium bagus untuk ibu hamil

Bukan hanya enak, minuman yang satu ini ternyata juga dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada ibu hamil. Dalam setiap satu cangkir plain yoghurt, Anda akan mendapatkan asupan kalsium sekitar 338 mg. Kadar ini setara dengan sepertiga dari kebutuhan kalsium harian untuk mama.

Agar lebih sehat, Anda bisa memilih yoghurt murni tanpa rasa. Jika ingin mengonsumsinya lebih nikmat, Anda bisa menambahkan sendiri rasa pada yoghurt tersebut dengan mencampur beberapa potong buah segar di atasnya.

Jika sebelumnya Anda menyukai makanan yang menggunakan mayones, kini Anda bisa menggantinya dengan yoghurt. Minuman ini pastinya lebih sehat dan bergizi untuk semua ibu yang sedang mengandung.

2. Susu

Susu adalah sumber kalsium yang baik untuk ibu hamil

Sudah menjadi rahasia umum kalau susu memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Susu seringkali dijadikan pilihan utama oleh para wanita hamil untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium.

Kini, Anda bisa menikmati susu dalam berbagai varian, mulai dari susu kedelai, almond, atau hazelnut. Semua minuman tersebut setidaknya mengandung 300 mg kalsium dalam satu cangkirnya.

Jika memungkinkan, sebaiknya Anda memilih jenis susu yang tidak mengandung pemanis dengan kadar berlebihan. Selain itu, pastikan pula komposisi susu tersebut banyak mengandung kalsium dan vitamin D.

3. Keju

Keju

Keju merupakan salah satu olahan dari susu yang juga dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium untuk ibu hamil.

Keju memiliki rasa gurih dan aroma sedap sehingga dapat meningkatkan kualitas kenikmatan makanan. Sebaiknya, Anda memilih jenis keju yang aman dikonsumsi oleh wanita hamil, seperti cheddar, swiss, atau mozzarella.

Perlu diingat, hindari beberapa keju mentah selama hamil, seperti feta, brie, camembert, dan juga blue cheese. Beberapa keju tersebut tidak mengalami proses pasteurisasi sehingga kurang baik jika dikonsumsi selama kehamilan.

Agar tidak bosan dengan olahan keju ini, kamu bisa menggunakannya sebagai taburan pada kentang panggang, nasi, telur orak-arik, dan sayuran kukus. Hal ini bisa meningkatkan cita rasa dari beberapa makanan tersebut.

Baca Juga:

4. Tahu dan Tempe

Tahu dan Tempe adalah makanan yang baik untuk Ibu hamil

Tahu dan tempe merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang bisa kita jumpai dengan mudah di mana saja. Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mendapatkan kandungan kalsium yang tinggi dari tempe dan tahu.

Untuk per setengah cangkir tahu, Anda bisa mendapatkan asupan kalsium hingga 434 mg. Tahu dan tempe berasal dari kedelai. Kedelai ini diolah sedemikian rupa sampai menghasilkan suatu olahan yang mengandung protein nabati.

Protein nabati ini tentu sangat menyehatkan untuk ibu hamil. Anda bisa membuat berbagai macam olahan makanan dari tahu tempe, mulai dari menggorengnya langsung hingga mencampurkannya dengan sayuran agar terasa lebih lezat.

5. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau Baik Dikonsumsi untuk Ibu Hamil

Bukan hanya mengandung asam folat dan zat besi saja, sayuran hijau juga ternyata mengandung kalsium yang baik untuk ibu hamil. Beberapa contoh sayuran hijau di antaranya sawi hijau, katuk, brokoli, dan kale. 

Agar manfaat dari sayuran hijau ini bisa didapatkan dengan lebih optimal, Anda bisa mengolahnya dengan cara dikukus atau direbus sebentar. Cara ini akan menjaga kandungan nutrisi dalam sayuran tersebut.

Supaya lebih nikmat, Anda juga bisa menggabungkan sayuran hijau ini dengan olahan makanan lainnya. Misalnya, Anda membuat sayur sop yang berisi beberapa jenis sayuran hijau dilengkapi dengan taburan bakso atau sosis.

Bagaimana? Kini Anda sudah tahu apa saja makanan dan minuman berkalsium yang cocok untuk ibu hamil, bukan? Mari penuhi kebutuhan kalsium saat hamil dengan mengonsumsi beberapa makanan di atas dan pastikan sang buah hati tumbuh dan berkembang secara optimal.

Check Also

Tips membersihkan sepatu

4 Tips Jitu Merawat Sepatu Wanita Supaya Awet

Siapa di antara Anda yang senang mengoleksi banyak sepatu? Bagi Sebagian besar wanita, kebiasaan ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *