7 Kesalahan Perawatan Wajah yang Sering Dilakukan

Ada beberapa kesalahan perawatan wajah yang sering dilakukan para wanita. Sehingga hasilnya kurang maksimal bahkan berdampak buruk.

Memiliki wajah yang selalu tampak cerah, segar, dan bebas dari masalah kulit merupakan dambaan semua orang. Jadi, tidak mengherankan kalau kini banyak orang melakukan perawatan wajah.

Sebagian di antaranya bahkan rela menghabiskan biaya yang tidak sedikit untuk mendapatkan kriteria wajah seperti yang telah disebutkan.

Cara Merawat Wajah yang Benar

Lakukan dengan benar, hindari kesalahan perawatan wajah yang berakibat fatal

Ada berbagai cara perawatan wajah sehari-hari yang biasa dilakukan oleh orang-orang, antara lain:

1. Mencuci Muka  

Mencuci muka merupakan cara merawat wajah yang paling mudah dan sederhana. Kegiatan ini bermanfaat untuk menghilangkan debu, minyak, kotoran, dan bakteri yang menempel pada wajah, terutama setelah berpergian atau berada di luar ruangan.

2. Memakai Toner dan Serum

Toner biasanya digunakan setelah mencuci muka. Fungsinya adalah untuk mengangkat sisa minyak dan kotoran yang bisa saja masih menempel pada wajah setelah mencuci muka. Sementara itu, serum berfungsi untuk menyehatkan kulit wajah.

3. Memakai Tabir Surya atau Sunscreen

Bagi mereka yang sering berada di luar ruangan terutama saat siang hari, sunscreen menjadi salah satu bahan perawatan wajah yang tidak boleh ketinggalan. Sunscreen dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV sebagai pemicu penuaan, flek hitam, peradangan, serta kanker kulit.

4. Mengunjungi Klinik Kecantikan

Sebagian orang tidak mau terlalu repot untuk merawat wajah sendiri di rumah atau mungkin menginginkan hasil yang lebih baik sehingga klinik kecantikan menjadi solusinya.

Di klinik kecantikan, kamu bisa melakukan berbagai jenis perawatan seperti laser, chemical peeling, totok wajah, suntik botok, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:

Kesalahan dalam Melakukan Perawatan Wajah

Kesalahan perawatan wajah bisa menyebabkan wajah menjadi bruntusan

Dalam merawat wajah, orang-orang mungkin tak menyadari bahwa mereka bisa saja membuat kesalahan dan justru menimbulkan masalah kulit. Apa sajakah kesalahan perawatan wajah tersebut?

1. Memakai Skincare Tanpa Menyesuaikan dengan Jenis Kulit

Beberapa orang mungkin abai atau enggan menyesuaikan skincare yang mereka beli dengan jenis kulit.

Pemakaian skincare yang tidak sesuai dengan kulit justru dapat menyebabkan iritasi yang pada akhirnya menimbulkan jerawat atau peradangan, terutama pada kulit yang sensitif.

Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter tentang jenis kulit dan skincare yang cocok untuk dipakai.

2. Mengandalkan SPF dari Bedak dan Pelembap

Beberapa produk bedak dan pelembap memang dilengkapi dengan SPF sehingga membuat orang enggan memakai sunscreen.

Padahal, kandungan SPF dalam bedak atau pelembap tidak sebanyak kandungan dari sunscreen serta hanya melindungi dari paparan sinar UVB.

Dengan demikian, kamu tetap perlu menggunakan sunscreen selain penggunaan bedak atau pelembap.

3. Mencuci Wajah Terlalu Cepat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mencuci wajah merupakan langkah perawatan yang paling mudah dilakukan. Namun demikian, orang-orang terkadang terburu-buru dalam mencuci wajah.

Alhasil, kulit tidak bersih secara optimal. Nah, bila menginginkan kulit yang cerah dan sehat, luangkanlah waktu beberapa menit untuk membiarkan krim atau gel pencuci wajah bekerja pada kulit sebelum membilasnya.

4. Berolahraga dengan Make up

Sebagian orang mungkin ingin tetap terlihat cantik saat berolahraga. Hal tersebut membuat mereka akhirnya memutuskan untuk menggunakan make up.

Padahal, menggunakan riasan saat berolahraga dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori karena bercampurnya keringat dengan make up. Pori-pori yang tersumbat ini dapat membuat kulit mengalami gangguan jerawat serta kusam.

5. Melakukan Eksfoliasi Kulit Berlebihan

Eksfoliasi kulit adalah salah satu bentuk perawatan wajah yang bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga membuat kulit lebih cerah dan tidak kusam.

Namun, melakukan eksfoliasi kulit secara berlebihan juga tidak baik karena akan menyebabkan kulit menjadi kering serta dapat menimbulkan kerutan di wajah. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan eksfoliasi wajah seminggu sekali saja.

6. Menganggap Skincare Alami Selalu Lebih Aman

Saat ini, sudah banyak beredar produk skincare yang terbuat dari bahan alami seperti aloe vera, kopi, minyak zaitun, dan lain-lain.

Banyak orang menganggap bahwa skincare dari bahan-bahan alami sudah pasti aman digunakan. Padahal, ada bahan tertentu yang justru membuat kulit wajah sensitif mengalami berbagai gangguan.

Oleh karena itu, penting untuk tetap melihat bahan skincare dan menyesuaikannya dengan kebutuhan kulit.

7. Membersihkan Wajah Berlebihan

Banyak orang yang masih berpikir bahwa kulit wajah yang “sempurna” ialah kulit wajah yang benar-benar bebas dari minyak hingga membuat mereka melakukan pembersihan pada wajah berlebihan.

Padahal, minyak alami pada kulit berfungsi untuk melindungi lapisan terluar kulit. Ketika kulit terasa kesat dan terlihat bersih, kamu kemungkinan justru sudah kehilangan minyak alami dari kulit.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan mencuci wajah berlebihan dan gunakan pembersih yang lembut seperlunya. Itulah penjelasan tentang kesalahan dalam melakukan perawatan wajah harian yang sering dilakukan.


Sumber:

  1. https://www.alodokter.com/kesalahan-perawatan-kulit-ini-mungkin-sering-kamu-lakukan
  2. https://lifestyle.kompas.com/read/2020/12/04/231548520/12-kesalahan-perawatan-kulit-yang-malah-mendatangkan-masalah?page=all
  3. https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/perawatan-wajah-dasar-rutin/
  4. https://www.permatabank.com/id/article/8-perawatan-wajah-di-klinik-kecantikan-untuk-kulit-glowing-saat-nataru
  5. https://www.popbela.com/beauty/skin/arnintya-juninda/kesalahan-dalam-merawat-wajah/1

Check Also

Face Wash Hada Labo

3 Varian Face Wash Hada Labo Harga Terjangkau, Hasil Wow

Ingin punya kulit sehat dan cerah alami seperti orang Jepang, tapi takut harga skincare-nya mahal? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *