7 Cara Menghilangkan Bekas Luka Wajah Secara Alami

Cara menghilangkan bekas luka menggunakan bahan alami sering dipilih sebagai solusi karena tidak menimbulkan efek samping. Bahan alami dinilai lebih aman dan harganya jauh lebih terjangkau dibandingkan bahan dari proses kimiawi.

Bekas luka merupakan hal yang wajar terjadi dalam proses penyembuhan. Bekas luka di wajah biasa disebabkan oleh cacar air atau jerawat.

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Menggunakan Bahan Alami

7 Cara Menghilangkan Bekas Luka Wajah Secara Alami

1. Gunakan Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya memiliki senyawa asam amino dan lignin. Keduanya mampu mempercepat regenerasi kulit sehingga kulit baru dapat segera muncul.

Manfaat lidah buaya di antaranya sebagai antiinflamasi dan antioksidan. Kandungan magnesium laktat yang dimilikinya dapat mengurangi rasa gatal dan iritasi.

Tekstur dari lidah buaya lembut dan melembapkan sehingga terasa dingin dan menenangkan ketika diaplikasikan ke bagian luka. Cara pengaplikasiannya adalah dengan mengoleskan lendir atau bagian daging tanaman ini pada bekas luka.

Perawatan ini sebaiknya dilakukan 2-3 kali dalam sehari agar luka segera menghilang. Sebelum mengoleskan gel lidah buaya, kamu harus mencuci luka agar lebih steril.

2. Oleskan Madu

Madu tidak hanya bermanfaat sebagai masker, melainkan juga obat penghilang bekas luka. Madu bersifat antibakteri sehingga ampuh memudarkan bekas luka wajah.

Berdasarkan penelitian dari U.S National Library of Medicine disebutkan bahwa madu dapat merangsang pertumbuhan jaringan kulit.

Cara menghilangkan bekas luka menggunakan madu adalah cukup dengan mengoleskannya pada bekas luka lalu bungkus dengan  perban. Diamkan selama sehari semalam. Lalu, bilas dengan air hangat.

3. Pijat dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen. Kolagen sendiri berguna untuk menghilangkan garis halus, meminimalisir jaringan parut, dan mengikat jaringan kulit baru.

Manfaat lainnya dari penggunaan minyak kelapa adalah mampu meratakan warna kulit. Cara pemakaiannya dengan menjadikan minyak kelapa sebagai minyak pijat. Olesi minyak pada area bekas luka. Lalu, pijat selama 10 menit.

Setelah itu, biarkan minyak meresap ke kulit dengan mendiamkannya selama satu jam. Sebaiknya, kamu melakukan proses ini 2-4 kali sehari agar bekas luka segera hilang.

Baca Juga:

4. Balurkan Mengkudu dan Timun

Cara menghilangkan bekas luka selanjutnya adalah memakai mengkudu dan timun. Baik mengkudu maupun timun memiliki antioksidan yang tinggi. Hal ini membuat bekas luka dapat hilang dalam waktu singkat.

Cara pengaplikasiannya adalah dengan menghaluskan kedua bahan tersebut dan balurkan ke bekas luka. Biarkan sari mengkudu dan timun meresap ke kulit selama 15-20 menit. Lalu, bersihkan dengan air. Kamu bisa menerapkan cara ini setiap malam hari.

Kamu dapat memakai perban atau kain bersih untuk membalut luka. Tujuannya agar masker mengkudu dan timun tidak mudah tercecer ke mana-mana saat didiamkan.

5. Gunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis menimbulkan rasa perih ketika dioleskan ke kulit.  Hal ini karena adanya kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang berguna mengangkat sel kulit mati.

AHA juga bermanfaat untuk mengembalikan elastisitas dan regenerasi kulit. Jeruk nipis juga sangat direkomendasikan sebagai obat penghilang bekas jerawat secara alami.

Cara menggunakannya dimulai dengan membelah jeruk nipis menjadi dua bagian. Lalu, gosokan jeruk nipis pada bekas luka secara perlahan dan diamkan beberapa menit. Setelah itu, kamu bisa membilasnya dengan air hangat. 

6. Pakai Cuka Apel

Cuka apel cukup populer sebagai salah satu cara menghilangkan bekas luka secara alami. Cara menggunakannya adalah dengan membuat campuran antara cuka apel dan air. Gunakan perbandingan 1:1 sebagai komposisi larutan.

Sebelum memakai larutan cuka apel ini, kamu perlu membersihkan wajah dahulu. Setelah itu, gunakan kapas untuk mengoleskan larutan cuka apel ke bagian bekas luka. Diamkan selama 10 menit hingga kering. Lalu, cuci wajah kembali memakai air.

7. Manfaatkan Ramuan Putih Telur

Putih telur dari ayam kampung dianggap ampuh menghilangkan bekas luka di wajah. Pada satu butir telur terdapat 10 gram protein yang bermanfaat mempersingkat penyembuhan luka. Bahan ini juga sering digunakan sebagai obat luka bakar.

Cara menggunakan putih telur ini ialah dengan mencampurkan 1 putih telur,  1 sendok makan madu, dan sedikit perasan jeruk. Aduk ketiga bahan ini hingga tercampur rata. Lalu, oleskan ke bagian wajah yang luka.

Tunggu hingga masker telur mengering. Kemudian, bilas dengan air hangat. Setelah itu, kamu perlu menggunakan pelembab agar kulit tidak kering. Selamat mencoba!

Check Also

Face Wash Hada Labo

3 Varian Face Wash Hada Labo Harga Terjangkau, Hasil Wow

Ingin punya kulit sehat dan cerah alami seperti orang Jepang, tapi takut harga skincare-nya mahal? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *