9 Cara Mengatasi Kulit Kering pada Wajah, Tangan, dan Kaki

Memiliki kulit yang cerah, bersih, bersinar, dan lembap adalah impian setiap orang terutama wanita. Namun, seringkali masalah kulit kering itu datang dan bisa terjadi kapan saja terutama ketika berada di daerah yang suhunya sangat panas. Bagaimana tips dan cara mengatasi kulit kering?

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Menjaganya Agar Tetap Lembab

Seiring dengan perkembangannya, dunia kecantikan berkembang semakin pesat dengan peluncuran produk untuk berbagai jenis masalah kulit. Bagi kamu yang mengalami masalah kulit kering, baik di wajah maupun kulit badan, kamu bisa mengatasi dan mengantisipasinya dengan cara berikut ini:

1. Menggunakan Tabir Surya

Cara Mengatasi Kulit Kering denagn Sunscreen

Salah satu penyebab utama kulit menjadi kering, kasar, dan keriput adalah karena terlalu sering terpapar sinar matahari. Agar kulit tidak cepat kering dan rusak karena paparan sinar ultraviolet, maka sebaiknya gunakan sunscreen untuk kulit kering atau tabir surya dengan SPF 15 hingga 30.

Kamu bisa menggunakan sunscreen setiap hari setiap 15 -20 menit setelah mandi dan sebelum berkegiatan di luar ruangan. Sangat disarankan untuk mengulangi penggunaannya sekitar 2 – 4 jam sekali atau setiap mengeluarkan keringat banyak agar hasilnya maksimal.

2. Menggunakan Pelembab Khusus Kulit Kering

Cara Mengatasi Kulit Kering dennen Pelembab

Dewasa ini, produk skincare semakin beragam dan pengguna bisa menyesuaikan dengan jenis masalah kulit masing-masing. Kamu bisa menggunakan pelembab untuk kulit kering.

Carilah pelembap yang cocok di kulitmu karena pada dasarnya skincare itu cocok-cocokan. Ketika digunakan oleh satu orang dengan masalah yang sama belum tentu cocok digunakan oleh orang lain.

Sebaiknya pilih pelembap yang berbasis minyak agar dapat menghidrasi kulit sehingga tetap lembap. Selain itu, cari pelembap yang memiliki kandungan antioksidan seperti chamomile, delima, dan teh hijau.

Ini penting karena antioksidan sangat bagus untuk membantu menetralisir radikal bebas. Untuk hasil maksimal, kamu juga bisa memilih pelembap dengan kandungan bahan dimethicone dan asam hialuronat.

Kedua bahan ini dipercaya efektif untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi. Sebaiknya hindari pelembap yang mengandung asam laktat dan urea karena justru dapat menyebabkan iritasi kulit semakin parah.

3. Menggunakan Petroleum Jelly untuk Perawatan Kulit

Cara Mengatasi Kulit Kering dennen Petroleum Jelly

Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan petroleum jelly karena merupakan solusi mengatasi kulit kering. Bahan ini dapat digunakan tidak hanya untuk wajah, namun juga masalah seperti bibir pecah-pecah, kaki kering atau pecah-pecah, dan kulit kering pada tangan.

Fungsi petroleum jelly selain sebagai pelembap adalah untuk menghambat penguapan air di bagian permukaan kulit. Selain itu, bahan ini juga mampu secara efektif untuk mencegah kulit kering. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu mengoleskannya pada kulit atau wajah setelah mandi.

Tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit kering, petroleum jelly juga bisa digunakan sebagai pertolongan pertama untuk meredakan lecet dan luka. Baik luka kulit kecil, ruam popok, maupun luka bakar.

Bahkan petroleum jelly juga dapat menangani masalah rambut kering sehingga kamu bisa tampil percaya diri hanya dengan penggunaan satu produk. Namun, disarankan untuk menggunakan bahan ini bersamaan dengan produk skincare lainnya yang diformulasikan secara khusus atasi kulit kering.

4. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh agar Tidak kering

Tubuh membutuhkan cairan agar tidak dehidrasi. Selain bagus untuk kesehatan, cairan yang cukup juga dapat membantu melembapkan kulit agar tidak kering.

Air putih memiliki manfaat yang luar biasa karena dapat melembapkan kulit serta melancarkan metabolisme tubuh. Saat berada di cuaca panas yang suhunya ekstrim atau melakukan kegiatan yang sangat aktif, maka kebutuhan cairan pun meningkat. 

Jangan sampai kamu kekurangan cairan karena hal tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi berkerut dan kering. Setidaknya konsumsi minimal 2,5 liter air putih setiap hari agar cairan tubuh tercukupi.

5. Olahraga Secara Teratur

Olahraga secara teratur dapat membuat kulit menjadi lebih sehat

Meskipun sibuk dengan rutinitas sehari-hari, jangan lupa untuk tetap meluangkan waktu berolahraga. Apa hubungannya olahraga dengan masalah kulit kering?

Saat berolahraga, tubuh biasanya akan berkeringat karena kelenjar keringat memproduksi dan mengeluarkannya melalui pori-pori. Alhasil kotoran dari dalam pori-pori akhirnya akan terdorong keluar.

Selain itu, dengan melakukan olahraga secara teratur, sirkulasi darah juga menjadi lebih lancar sehingga nutrisi dan suplai oksigen pada kulit pun akan tercukupi. Kulit menjadi lebih lembap, cerah, dan bersinar.

6. Pola Hidup Sehat

Menjalankan pola hidup Seat dengan meditasi

Menurut WHO, menjalani pola hidup sehat tidak hanya bermanfaat untuk tubuh, namun juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit. Dan dari beberapa penelitian yang ada, setidaknya perlu 21 hari tanpa putus untuk menjadikan pola hidup jadi kebiasaan.

Pola hidup sehat tidak hanya soal makan dan minum saja, tetapi lebih pada kebiasaan kerja, istirahat, makan, dan minum yang dijalani. Buatlah siklusnya menjadi pola yang lebih baik dan sehat. Lakukan perubahan ini sedikit demi sedikit dan terus ulangi setiap hari.

7. Perbanyak Konsumsi Makanan yang Kaya Antioksidan

Makanan yang banyak Mengandung antioksidan

Selain mengkonsumsi air putih yang cukup, kamu juga perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, omega-3, vitamin, protein, dan serat. Antioksidan ini berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang bisa mengakibatkan kulit kering.

Di antara makanan yang bagus untuk mengatasi kulit kering karena banyak mengandung antioksidan dan omega-3 adalah buah delima, blueberry, wortel, tomat, ikan salmon, dan kacang-kacangan.

Sebaiknya, hindari juga kebiasaan merokok dan jalani istirahat yang cukup. Karena kurang tidur dapat menyebabkan hormon stress menjadi lebih banyak. Kolagen yang menjamin elastisitas kulit pun menjadi terpecah.

8. Selalu Memperhatikan Suhu Tubuh

Selalu Memperhatikan Suhu Tubuh

Kondisi cuaca yang terik menjadi salah satu penyebab utama kulit menjadi kering. Oleh karena itu, penting untuk selalu memperhatikan tubuh. Mandi menggunakan air dingin seringkali menjadi pilihan setelah seharian beraktivitas di bawah sinar matahari yang terik. Tujuannya agar tubuh lebih segar dan bugar.

Namun, kebiasaan tersebut justru tidak bagus untuk kulit karena bisa menyebabkan shock pada kulit hingga berubah warna. Bahkan air dingin yang digunakan untuk mandi saat tubuh masih bersuhu panas justru bisa menyebabkan kulit menjadi bersisik dan kering.

Untuk mengatasinya, jangan langsung mandi setelah beraktivitas dari luar meskipun badan sudah merasa sangat gerah. Lebih baik tunggu terlebih dahulu beberapa saat hingga suhu tubuh kembali normal, baru kamu bisa mandi menggunakan air dingin.

9. Lakukan Eksfoliasi Secukupnya

Cara Mengatasi Kulit Kering dennen eksfoliasi kulit

Tujuan dari eksfoliasi adalah untuk mengangkat sel kulit mati agar pelembab lebih cepat meresap ke kulit dengan lebih baik. Namun, jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi dan cukup satu kali saja dalam seminggu. Karena jika terlalu sering justru dapat menyebabkan kulit iritasi.

Hindari produk scrub yang butirannya kasar saat melakukan eksfoliasi. Pilih saja scrub yang memiliki kandungan enzim papain karena lebih lembut dan aman kamu gunakan untuk eksfoliasi. Untuk eksfoliasi, kamu bisa gunakan 10 Toner untuk Kulit Kering yang Ampuh Menghidrasi.

Penyebab Kulit Kering

Penyebab Kulit Kering

Banyak yang menganggap enteng masalah kulit kering karena tidak menimbulkan jerawat seperti kulit berminyak. Namun, kulit yang sangat kering justru dapat menyebabkan pecah-pecah dan retak pada kulit, sehingga permukaannya pun jadi tidak rata.

Kondisi ini sangat umum terjadi dan bisa mengakibatkan serpihan halus muncul karena adanya pengelupasan dari kulit kering. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kulit kering, mulai dari kandungan sabun yang dapat menghilangkan kelembaban kulit, faktor usia, atau kondisi medis.

Terlalu sering mandi uap atau air hangat juga mengakibatkan kulit menjadi kering. Sementara itu, untuk kulit kering yang penyebabnya karena kondisi medis seperti psoriasis atau dermatitis atopik maka harus segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Baca Juga:

Check Also

Face Wash Hada Labo

3 Varian Face Wash Hada Labo Harga Terjangkau, Hasil Wow

Ingin punya kulit sehat dan cerah alami seperti orang Jepang, tapi takut harga skincare-nya mahal? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *