Apa itu Double Cleansing? Ini Tahapan dan Manfaatnya

Double cleansing kerap diklaim bisa membuat kulit wajah terlihat lebih sehat dan segar. Lalu, bagaimana sih caranya dan apa manfaatnya?

Setelah seharian beraktivitas memang paling nikmat jika langsung beristirahat. Tapi tahukah kamu kalau membersihkan wajah adalah hal yang cukup penting?

Banyak para pakar kecantikan yang menganjurkan seseorang untuk melakukan double cleansing, apalagi bagi kamu yang beraktivitas di luar rumah.

Tapi sebenarnya, apa itu double cleansing? Jadi, double cleansing ini merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk membersihkan wajah dengan dua tahap pembersihan.

Tahapan Dalam Double Cleansing

Tahapan Dalam Double Cleansing

Double Cleansing dilakukan melalui dua tahapan, tahap pertama membersihkan wajah dengan produk yang berbahan dasar seperti cleansing oil, milk cleanser, atau micellar water.

Pembersihan tahap pertama ini bertujuan untuk membersihkan wajah dari sisa-sisa make up dan juga kotoran yang ada di wajah.

Setelah itu, tahap kedua adalah membersihkan wajah menggunakan produk pembersih wajah yang bagus. Kamu harus tahu, bahwa semakin lembut busa yang ada, maka semakin efektif juga membersihkan pori-pori wajah kamu.

Mengapa Double Cleansing Penting?

Setelah seharian beraktivitas menggunakan makeup dan juga terpapar debu dan kotoran, banyak zat-zat yang menumpuk di wajah dan pastinya akan menyebabkan tumbuh jerawat. Pasti kamu tidak mau, kan?

Mungkin kamu berpikir bahwa membersihkan wajah menggunakan air saja sudah cukup. Nyatanya tidak demikian loh. Maka dari itu, jangan lupa untuk melakukannya ya!

Bagaimana Cara Menggunakan Double Cleansing?

Cara Melakukan Double Cleansing

Hal ini memang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Maka dari itu, berikut cara melakukan double cleansing bahkan untuk kulit berminyak sekalipun:

1. Mencuci Tangan

Mencuci tangan menjadi langkah awal untuk membersihkan wajah. Hal ini dikarenakan tangan merupakan aplikator untuk bisa melakukan pembersihan. Jadi, pastikan tangan kamu sudah bersih sebelum menyentuh wajah, ya.

2. Memilih First Cleanser

Untuk kulit berminyak memang cukup tricky untuk memilih produk double cleansing. Maka dari itu, kamu harus memilih cleanser dengan oil based agar sesuai dengan tipe kulit berminyak. Cleanser oil berfungsi untuk mengangkat debu, kotoran, dan juga minyak yang terdapat pada wajah.

3. Melakukan Gerakan Memutar saat Melakukan First Cleanser

Lakukanlah gerakan memutar pada wajah dengan durasi 1 menit. Tujuannya agar bisa mengangkat debu dan kotoran secara maksimal. Bukan hanya debu, minyak yang ada pada wajah juga dapat terhempas dengan mudah.

4. Melakukan Pijatan pada Wajah

Langkah selanjutnya adalah melakukan pijatan pada wajah. Pijatan ini akan membuat wajahmu terasa lebih rileks dan juga akan bersih secara maksimal.

5. Bilas dengan Air Hangat

Setelah melakukan tahap pembersihan pertama menggunakan micellar water terbaik ataupun sejenisnya, kamu bisa membilas wajahmu menggunakan air hangat. Manfaatnya adalah agar kotoran dan juga debu dapat terbilas bersih dari wajah kamu.

6. Memilih Second Cleanser yang Tepat

Tahap berikutnya adalah menggunakan water based cleanser yang sesuai untuk tipe kulit wajah yang berminyak. Pilihlah cleanser yang ringan dan juga lembut untuk diaplikasikan di wajah. Jangan sampai memilih cleanser yang mengandung scrub agar wajah kamu tidak mengalami iritasi.

7. Bilas Menggunakan Air Dingin

Setelah melakukan tahap kedua, kamu bisa membilas wajah menggunakan air dingin. Hal ini berfungsi untuk menutup pori-pori yang terbuka pada saat proses cleansing. Dengan membilas wajah menggunakan air dingin juga akan membantu kamu untuk menjaga kelembapan wajah.

Manfaat Melakukan Double Cleansing

Setelah kamu memahami bahwa melakukan double cleansing itu penting, mungkin kamu bertanya-tanya pula manfaat apa yang akan kamu dapatkan dari melakukan pembersihan dengan dua tahap. 

Berikut manfaat melakukan double cleansing yang wajib kamu ketahui.

1. Membersihkan Wajah dari Kotoran dan Makeup secara Maksimal

Kebanyakan dari seorang wanita adalah mempercantik diri dengan makeup. Tak jarang pula para wanita menggunakan produk yang waterproof, kan

Bayangkan jika kamu hanya menggunakan air saja untuk membersihkan wajah. Pasti masih menyisakan sisa-sisa makeup bukan?

Maka dari itu, melakukan double cleansing sangat penting agar dapat mengangkat kotoran, debu, dan juga makeup yang menempel pada wajah secara maksimal.

Cleansing oil sangat membantu kamu untuk bisa membersihkan makeup. Lalu, facial wash atau sabun cuci muka akan membantumu untuk mengangkat minyak-minyak yang ada di wajah.

2. Memberikan Waktu Istirahat Kepada Wajah

Mungkin kamu juga merasa bingung, sebaiknya double cleansing dilakukan kapan, ya? Malam hari adalah waktu yang tepat untuk dilakukan.

Dengan melakukannya di malam hari, kamu dapat memberikan waktu kepada wajah untuk bisa bernafas. Hal ini dikarenakan wajah yang sudah bersih dari kotoran dan juga sisa-sisa makeup yang akan membuka peredaran udara pada wajah kamu.

3. Kulit Menjadi Lebih Halus

Kulit lembap dan terasa halus adalah impian dari setiap wanita. Kamu bisa mendapatkan hal ini dari melakukan double cleansing, loh. Pasalnya, kandungan minyak yang ada di wajah akan terhapus ketika kamu melakukan double cleansing.

Selain itu, kamu juga harus memilih sabun cuci muka yang memiliki bahan ringan yang tidak akan memberikan efek kering pada kulit wajah. Dengan memilih sabun cuci muka yang tepat, kulitmu tidak akan kehilangan minyak alami.

4. Mampu Mengecilkan Pori-pori Wajah

Manfaat selanjutnya yang dapat kamu rasakan adalah kecilnya pori-pori wajah. Hal tersebut dapat terjadi karena kotoran yang menyumbat pori-pori wajah dibersihkan secara maksimal dan pori-pori wajah pun menjadi mengecil.

5. Membantu Proses Peremajaan Kulit

Tampil segar dan mempesona tentu adalah keinginan setiap orang. Apakah kamu salah satunya? Kalau iya, kamu harus melakukan double cleansing secara rutin, khususnya ketika malam hari sebelum tidur.

Pada saat tertidur, wajah akan melakukan regenerasi atau melakukan perbaikan terhadap sel kulit yang mati. Kulit akan berhasil melakukan regenerasi dengan baik hanya jika wajah benar-benar bersih dan sudah tidak ada lagi kotoran maupun makeup yang menempel.

6. Membuat Skincare Mudah Meresap

Salah satu cara mempercantik wajah adalah dengan menggunakan skincare. Untuk bisa memaksimalkan skincare, kamu juga harus melakukan double cleansing agar skincare yang kamu apply dapat menyerap kedalam kulit dengan maksimal dan juga efektif.

7. Mencegah Munculnya Jerawat di Wajah

Jerawat adalah salah satu masalah yang paling sering dikeluhkan oleh wanita. Biasanya, jerawat akan muncul apabila wajah tidak dibersihkan dengan baik. Selain itu, jerawat juga dapat terjadi apabila terdapat endapan kotoran yang sudah dibiarkan terlalu lama.

Apalagi ketika di masa remaja. Double cleansing untuk remaja menjadi sangat penting agar kamu bisa mencegah munculnya jerawat ini. Pasalnya, semua kotoran akan terangkat saat melakukan pembersihan.

8. Membuat Wajah Lebih Rileks

Ketika melakukan pembersihan, kamu juga disarankan untuk melakukan pijatan di wajah. Fungsinya bukan hanya untuk membersihkan, melainkan juga akan membantu wajah kamu untuk menjadi lebih rileks dan juga melancarkan peredaran darah.

Jadi, itulah pembahasan seputar apa itu double cleansing. Jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah agar wajah tetap sehat dan segar. Selain itu, pilihlah cleanser yang tepat agar tidak menimbulkan masalah pada wajah kamu.

Check Also

Face Wash Hada Labo

3 Varian Face Wash Hada Labo Harga Terjangkau, Hasil Wow

Ingin punya kulit sehat dan cerah alami seperti orang Jepang, tapi takut harga skincare-nya mahal? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *