7 Khasiat Rumput Laut untuk Kesehatan Tubuh

Siapa di sini yang suka dengan rumput laut, angkat tangan! Tanaman yang juga disebut seaweed ini sebenarnya merupakan salah satu jenis alga yang terdiri dari beberapa jenis, mulai dari alga cokelat, alga merah, dan juga alga hijau.

Tanaman alga ini seringkali dijadikan berbagai jenis sajian makanan hingga rasanya cukup akrab di lidah masyarakat. Ada banyak kandungan yang bisa Anda dapatkan saat mengonsumsinya.

Beberapa kandungan tersebut diantaranya kalori, air, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, natrium, kalium, beta karoten, hingga vitamin C.

7 Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan

Karena memiliki banyak kandungan gizi, tentunya seaweed dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Di sini akan kami berikan 7 manfaat yang bisa Anda dapatkan saat mengonsumsi rumput laut.

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Mempercepat Penyembuhan Luka

Apakah Anda tahu jika tanaman alga ini ternyata bisa membantu proses penyembuhan luka. Seaweed mengandung banyak vitamin K yang akan bekerja sama dengan trombosit dalam proses pembekuan darah.

Vitamin K ini bisa Anda temukan pada rumput laut atau seaweed jenis apa pun. Hanya saja, pada seaweed yang berwarna hijau kandungan vitamin K bisa dibilang lebih sedikit dan tidak sebanyak jenis lainnya.

2. Membantu Mengontrol Berat Badan

Mengontrol Berat Badan

Beberapa jenis tanaman alga seperti alga cokelat, mengandung pigmen fucoxanthin yang bisa membantu melancarkan metabolisme serta mengubah lemak menjadi energi. Pernyataan ini diperkuat oleh sebuah penelitian tentang fucoxanthin from edible seaweed.

Dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa alginat yang merupakan serat alami pada alga cokelat dapat membantu menghalangi usus untuk melakukan penyerapan lemak sekitar 75%. Selain itu, tanaman ini juga memiliki kandungan serat yang bisa memberikan efek kenyang lebih lama.

3. Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi

Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi

Selain mengandung vitamin K yang berperan penting dalam proses penyembuhan luka, rumput laut juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi.

Kandungan ini akan sangat bermanfaat untuk tubuh Anda, apalagi kita tahu bahwa tubuh tidak dapat memproduksi kalsium sendiri. Bukan hanya itu, asupan kalsium yang cukup juga dapat membantu menjaga fungsi jantung, otot, dan saraf.

4. Meningkatkan Energi

Meningkatkan Energi
Woman meditating at beach

Kandungan lainnya yang terdapat pada tanaman alga ini ialah zat besi. Kandungan ini akan sangat bermanfaat untuk tubuh dalam memproduksi energi agar bisa tetap aktif menjalani berbagai kegiatan harian.

Selain itu, zat besi ini juga akan sangat bermanfaat untuk membentuk hemoglobin, yaitu sel darah merah yang akan menjadi pengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Itulah sebabnya mengapa tubuh yang kekurangan zat besi biasanya mengalami anemia karena kadar hemoglobin rendah.

5. Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Manfaat rumput laut lainnya ialah dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Pasalnya, tanaman alga ini mengandung senyawa antioksidan yang sangat bermanfaat untuk mencegah risiko terjadinya kerusakan sel tubuh serta penyakit jantung.

Selain itu, tanaman alga ini juga mengandung kalium dan fucan yang sama-sama berperan dalam mengurangi risiko yang dapat menyebabkan penyakit jantung lainnya, contohnya mengurangi kadar kolesterol, tekanan darah, hingga risiko terjadinya penggumpalan darah.

6. Mengurangi Risiko Diabetes

Mengurangi Risiko Diabetes

Selama ini, banyak orang mungkin berpikir untuk mengurangi makanan yang mengandung gula saja jika ingin mengurangi risiko diabetes. Namun, ternyata ada cara lainnya yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan mengonsumsi rumput laut secara rutin.

Tanaman alga ini mengandung fucoxanthin yang bisa membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Selain itu, kandungan lainnya seperti alginate pada tanaman ini juga dapat membantu mencegah peningkatan kadar gula darah dalam tubuh.

7. Terjaga dari Pembengkakan Kelenjar Tiroid

Umumnya, pembengkakan kelenjar tiroid akan dialami oleh orang yang kekurangan yodium. Rumput laut memiliki kandungan yodium yang dapat membantu Anda terhindar dari pembengkakan kelenjar tiroid saat rutin mengonsumsinya.

Tiroid yang bermasalah akan menyebabkan beberapa gejala, mulai dari rasa lemah, otot lemah, hingga kadar kolesterol tinggi. Untuk kasus yang parah, kelenjar tiroid yang bermasalah bisa menyebabkan beberapa masalah serius mulai dari gondok, jantung berdebar, hingga terganggunya kemampuan daya ingat.

Ternyata banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi rumput laut. Sebenarnya bukan hanya 7 manfaat di atas saja, masih banyak lagi khasiat yang bisa Anda dapatkan.

Namun, perlu diingat bahwa jangan sampai berlebihan mengonsumsi tanaman alga ini. Bagaimana pun, segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan itu tidak baik.

Baca Juga:

Check Also

Tips membersihkan sepatu

4 Tips Jitu Merawat Sepatu Wanita Supaya Awet

Siapa di antara Anda yang senang mengoleksi banyak sepatu? Bagi Sebagian besar wanita, kebiasaan ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *