5 Cara Memilih Toner untuk Kulit Berminyak

Cara memilih toner untuk kulit berminyak yang benar akan membantu memperbaiki tekstur kulit lebih baik. Jangan lupa gunakan cara yang tepat!

Toner merupakan produk skincare yang digunakan untuk mengangkat sisa kotoran di wajah. Produk perawatan kulit ini biasanya digunakan setelah cleanser dan facial foam.

Penggunaan toner untuk kulit berminyak sangat direkomendasikan karena mampu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Selain itu, produk tersebut juga dapat mengangkat sisa kotoran pada pori-pori wajah.

Lalu, bagaimana cara memilih toner yang tepat untuk kulit wajah berminyak?

Ada 5 langkah yang bisa kamu ikuti:

Pilih Toner Khusus untuk Kulit Berminyak

Cara Memilih Toner untuk Kulit Berminyak

Memilih rangkaian skincare yang cocok bukanlah perkara mudah. Cara paling bijak adalah memilih produk yang memang diformulasikan khusus sesuai kebutuhan pengguna. Jadi, jika kamu mencari perawatan kulit berminyak, carilah produk khusus keperluan tersebut.

Kulit yang termasuk dalam kategori berminyak memiliki ciri tertentu, antara lain pori-pori besar, mudah berjerawat, dan kulit mengkilap. Oleh karena itu, toner yang cocok untuk kulit berminyak umumnya mengandung asam alfa-hidroksi atau biasa dikenal dengan AHA.

Fungsi AHA sendiri adalah membantu pengelupasan kulit mati dan membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Jenis produk AHA biasanya memiliki komposisi tersendiri, seperti lactic, glycolic dan critic.

Tidak hanya mampu mencerahkan rona wajah, tetapi juga menghaluskan permukaan kulit. Ingat! Rangkaian perawatan yang tidak tepat akan mampu meningkatkan risiko berjerawat.

Memiliki Kandungan Zinc

Zinc

Zinc menjadi kandungan andalan produk-produk skincare untuk masalah kulit berminyak maupun berjerawat. Pasalnya, fungsi dari senyawa ini adalah mengontrol minyak berlebih atau sebum pada wajah.

Pilihan toner dengan kandungan zincakan mudah menyerap optimal ke kulit. Zinc juga berperan dalam sistem kekebalan dan pengendalian peradangan. Sebab itu, kandungan ini mampu memperbaiki luka, memberikan perlindungan terhadap UV, hingga sintesis kolagen.

Lebih Lanjut, zinc mampu menghalau hingga membelokkan sinar matahari terhadap permukaan kulit. Tidak hanya itu, zinc juga dapat menghilangkan kemerahan atau noda hitam di wajah.

Selanjutnya, senyawa ini membantu membangun kolagen sehingga kulit tetap kencang dan terhindar dari penuaan dini. Jenis zinc sulfat digunakan untuk mengatasi jerawat sedang hingga parah. Sementara zinc topikal berguna untuk mengobati jerawat ringan.

Hindari Produk Berbahan Minyak Kelapa & Mineral Oil

Mineral Oil

Kamu perlu mempertimbangkan komposisi minyak di dalam produk perawatan yang akan dibeli. Sebaiknya, hindari pilihan dengan kandungan minyak kelapa dan mineral oil.

Kandungan minyak kelapa dan mineral oil lebih cocok untuk mereka yang memiliki kulit kering karena dua bahan ini mampu meningkatkan produksi minyak sehingga kulit lebih lembap.

Oleh sebab itu, toner yang mengandung lemon, rose, maupun orange blossom sangat dianjurkan bagi kulit berminyak. Zat-zat ini membantu kulit terasa lebih segar dan memperkecil pori-pori wajah.

Utamakan Produk Berbahan Alami

Cara Memilih Toner untuk Kulit Berminyak dari Bahan Alami

Toner untuk kulit berminyak sebaiknya mengandung bahan alami karena efek samping yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan dengan kandungan bahan kimia. 

Kamu bisa memilih produk yang mengandung tea tree, lavender, aloe vera, clary sage,  sandalwood, willow bark,salicylic acid, dan witch hazel. Bahan-bahan ini mampu menyeimbangkan pH kulit dan mengurangi jumlah produksi minyak.

Kamu dapat pula melirik produk berbahan clay atau tanah liat. Fungsi kandungan clay mampu membuat kulit lebih sehat. Pilihan lain adalah witch hazel yang mampu mengangkat make up penyumbat pori-pori wajah.

Efek lainnya dari bahan ini adalah menenangkan kulit. Sifatnya sebagai antiradang karena mengandung tanin yang tinggi.

Perhatikan Kandungan Alkoholnya

Kandungan Alkohol

Nama alkohol pada bahan skincare umumnya menggunakan istilah ethanolSD alcohol, isopropyl alcohol, ethyl alcohol, dan denat alcohol. Penggunaan alkohol pada produk perawatan memiliki sifat mengeringkan. 

Contohnya, jenis fatty alcohol mampu menyumbat pori-pori wajah. Alhasil, kelembapan kulit berkurang dan berakibat pada tidak seimbangnya produksi minyak yang dibutuhkan kulit.

Selain itu, kulit wajah dapat mengalami gatal dan kemerahan. Inilah mengapa toner dengan kandungan alkohol sangat tidak disarankan untuk kulit berminyak. 

Agar manfaat dari produk skincare berfungsi maksimal, kamu harus tahu bagaimana cara mengaplikasikannya dengan benar. Caranya?

  1. Aplikasikan skincare dengan menggunakan kapas.
  2. Tuang 3-4 tetes toner ke kapas.
  3. Usapkan kapas ke seluruh area wajah hingga leher.
  4. Pakai produk perawatan secara rutin, setiap pagi dan malam hari.
  5. Gunakan pelembap untuk menjaga kulit tetap lembut dan kenyal.

Pada kesimpulannya, pemakaian toner untuk wajah berminyak dapat mengurangi beberapa masalah kulit yang kerap muncul. Untuk itu, cari produk yang aman dan terdaftar BPOM.

Baca Juga:

Check Also

Face Wash Hada Labo

3 Varian Face Wash Hada Labo Harga Terjangkau, Hasil Wow

Ingin punya kulit sehat dan cerah alami seperti orang Jepang, tapi takut harga skincare-nya mahal? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *