5 Bahan Masker Wajah Alami untuk Mencerahkan Kulit

Masker wajah sering dipilih sebagai solusi untuk mencerahkan kulit. Kebanyakan wanita lebih memilih menggunakan masker wajah alami  karena minim risiko efek samping.

Masker alami tidak mengandung bahan kimia serta mudah dibuat di rumah. Bahannya dapat diaplikasikan pada semua jenis kulit dan usia, mulai dari kalangan remaja hingga dewasa.

Bahan Untuk Membuat Masker Alami

Adapun beberapa bahan masker alami yang sering digunakan adalah sebagai berikut:

1. Lidah Buaya

masker wajah alami dari Lidah buaya

Sebuah jurnal, Planta Medica, menyatakan bahwa lidah buaya mampu mengatasi hiperpigmentasi, yakni kondisi di mana kulit memiliki bercak hitam. Walaupun tidak berbahaya, hiperpigmentasi mampu mengganggu penampilan.

Nah, kandungan lidah buaya terbukti berkhasiat memutihkan area kulit yang gelap. Selain itu, tanaman ini ampuh untuk mengobati jerawat dan luka. Fungsi lainnya dari lidah buaya adalah melembapkan kulit serta meredakan gejala sunburn.

Lidah buaya dapat diolah sebagai masker wajah dengan cara mencincangnya dan menjadikannya jus. Bila kamu tidak memiliki blender, potongan lidah buaya bisa direbus hingga berubah menjadi bubur.

Untuk cara pemakaiannya, kamu cukup mengoleskan masker lidah buaya langsung ke kulit wajah. Masker dapat dioleskan dari seluruh permukaan wajah sampai ke bagian leher secara merata. Setelah itu, diamkan masker selama 30 menit. Lalu, bilas wajah dan leher menggunakan air hangat.

2. Mentimun

Masker Mentimun

Masker mentimun menjadi salah satu perawatan wajah unggulan untuk kulit berminyak. Mentimun memiliki kandungan folat dan vitamin C yang tinggi. Senyawa dalam mentimun mampu mengatasi jerawat dan iritasi kulit.

Senyawa ini juga memiliki manfaat untuk menghidrasi kulit dan mengikat kolagen. Cara pembuatan masker wajah alami dengan bahan mentimun terbagi menjadi dua teknik. 

Pertama ialah dengan mencuci mentimun hingga bersih. Lalu, kupas kulitnya. Setelah itu, haluskan mentimun. Kemudian, saring dan pindahkan sari mentimun ke dalam botol spray.

Kamu bisa menyemprotkannya ke seluruh area wajah lalu diamkan selama 10 hingga 15 menit. Sementara itu, sisa daging mentimun bisa dioleskan ke seluruh permukaan wajah.

Gunakan masker mentimun hingga berdurasi minimal 10 menit kemudian bilas wajah memakai air hangat. Cara kedua adalah mengiris tipis mentimun lalu tempelkan irisannya ke seluruh permukaan wajah.

Jangan lupa untuk meletakkan irisan mentimun di area kelopak mata jika memiliki mata panda atau area mata yang gelap. 

3. Bengkuang

masker wajah alami dari Masker Bengkuang

Bengkuang sudah dikenal lama sebagai masker wajah alami untuk mengatasi masalah warna kulit kusam. Umumnya, paparan sinar matahari adalah penyebab utama wajah kusam, apalagi jika kamu jarang sekali menggunakan sunscreen sebagai perlindungan kulit.

Buah ini kaya akan vitamin B dan C sehingga mampu merangsang sel kulit untuk beregenerasi. Flek hitam dan bekas jerawat dapat disamarkan dan dihilangkan bila sering menggunakan masker bengkuang.

Pembuatan masker bengkuang dimulai dengan menghilangkan kulitnya terlebih dahulu. Cuci bengkuang sampai bersih. Lalu, potong kecil untuk memudahkan memarutnya. Parut bengkuang tadi dan peras tanpa menambahkan air.

Diamkan perasan air bengkuang beberapa saat agar bisa mengendap. Endapan ini yang nantinya digunakan sebagai masker wajah. Aplikasikan endapan bengkuang ke kulit wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit lalu bilas wajah menggunakan air bersih.

4. Lemon

lemon

Buah lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Umumnya vitamin C digunakan sebagai bahan dasar produk skincare yang bermanfaat mencerahkan kulit. Lemon bermanfaat untuk menghambat penuaan dini. 

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah lemon mampu menyamarkan garis halus dan mencegah radikal bebas. Masker lemon cocok untuk wajah yang berjerawat atau memiliki bekas jerawat.

Cara membuat masker lemon adalah dengan mengambil sarinya. Sebelum menggunakan masker lemon, bersihkan dahulu area wajah.

Oleskan air perasan lemon ke permukaan wajah dan diamkan selama 15-30 menit hingga meresap ke kulit. Setelah itu, bilas wajah dengan air sampai seluruh sisa masker terangkat bersih.

5. Oatmeal dan Tomat

masker wajah alami dari Oatmeal dan Tomat

Terakhir, kamu bisa menggunakan perpaduan antara tomat dan oatmeal untuk membuat masker wajah alami. Oatmeal berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit sehingga sel-sel mati mengelupas dan terganti dengan sel kulit baru. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu menambahkan ekstrak tomat dalam pembuatan masker ini. Tomat memiliki kandungan kolagen yang tinggi. Kolagen dikenal dapat meningkatkan elastisitas kulit. 

Pertama, campurkan ekstrak tomat dan oatmeal hingga menjadi pasta. Setelah itu, aplikasikan ke kulit wajah dan diamkan 20 menit. Ketika membilasnya memakai air, gosok perlahan sisa masker untuk eksfoliasi.

Masker wajah di atas dapat digunakan dua hingga tiga kali dalam seminggu. Kamu bisa memakainya sebelum tidur di malam hari atau sebelum beraktivitas di pagi hari.

Baca Juga:

Check Also

Face Wash Hada Labo

3 Varian Face Wash Hada Labo Harga Terjangkau, Hasil Wow

Ingin punya kulit sehat dan cerah alami seperti orang Jepang, tapi takut harga skincare-nya mahal? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *