13 Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan

Memakai rangkaian skincare boleh-boleh saja. Namun perhatikan bahannya, sebab ada beberapa kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan.

Kandungan skincare yang tidak boleh dipakai secara bersamaan ini jika digunakan bisa menghilangkan manfaat skincare tersebut. Bahkan ada beberapa kandungan yang bisa membuat kulit kamu menjadi iritasi.

Kamu yang sering menggunakan skincare wajib tahu kandungan apa saja yang tidak boleh digunakan secara bersamaan. Adapun kandungan tersebut yaitu:

1. Salicylic Acid dan Retinol

Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan Retinol dan Salicylic Acid

Salicylic acid dan retinol adalah dua bahan yang tidak boleh digunakan secara bersamaan. Retinol dan salicylic acid sama-sama sangat sensitif untuk kulit wajah. Perpaduan kandungan ini bisa membuat kulit kamu iritasi dan mengelupas.

Efek samping terparahnya adalah kulit akan sangat sensitif terhadap sinar matahari walaupun sudah menggunakan sunscreen. Oleh karena itu, pastikan kamu tidak bebarengan menggunakan skincare dengan 2 kandungan ini di saat yang sama.

Yang wajib diingat, biasanya salicylic acid ditemukan dalam skincare untuk wajah berjerawat. Kandungan ini memang sangat efektif untuk menghilangkan jerawat yang membandel.

2. Scrub dan Retin-A

Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan Scrub dan Retin-A

Perlu kamu tahu Retin-A berbeda dengan retinol. Retin-A merupakan turunan dari vitamin A yang mampu membantu mengelupaskan kulit yang mati. Biasanya kandungan ini ada dalam skincare untuk mencerahkan wajah.

Fungsi dari scrub cukup mirip dengan retin-A, yaitu membantu mengelupaskan kulit. Perpaduan 2 bahan ini bisa berbahaya untuk kulit. Kulit kamu bisa sangat mudah mengelupas dan mengalami iritasi. 

Efek terparah yang bisa kamu alami adalah mengalami kemerahan di area wajah. Pastikan kamu tidak menggunakan bersamaan antara bahan scrub dengan skincare yang mengandung Retin-A.

3. Oil Based dan Water Based

Oil Based dan Water Based juga Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan

Seperti yang kamu tahu minyak dan air adalah 2 zat yang tidak bisa menyatu. Begitu juga dalam skincare, jangan sampai kamu menggunakan skincare dengan oil based dan water based secara bersamaan.

Kamu tidak akan mendapatkan manfaat dari kedua skincare ini jika menggunakannya secara bersamaan. Skincare dengan oil based akan menutupi penyerapan skincare water based.

Jadi pastikan kamu tidak mencampurkan 2 jenis skincare ini. Kamu bisa cek terlebih dahulu komposisi skincare sebelum menggunakannya.

4. AHA dan Vitamin C

AHA dan Vitamin C juga tidak boles dipakai secara bersamaan

Vitamin C dan AHA merupakan kandungan yang sama-sama bisa membantu mencerahkan kulit. 

Mungkin kamu berpikir jika menggunakan skincare dengan 2 bahan ini maka kulit wajah akan menjadi lebih cerah dengan cepat. Hal ini salah, sebab mencampurkan keduanya justru bisa membuat wajah kamu iritasi.

Memakai campuran AHA dan vitamin C dalam waktu bersamaan bisa membuat wajah kamu lebih sensitif dan mengalami iritasi. Walaupun keduanya bagus untuk mencerahkan kulit tapi kamu harus memberikan sedikit jarak dalam pemakaiannya.

Kamu bisa menggunakan serum atau krim dengan AHA terlebih dahulu kemudian tunggu 30 menit baru menggunakan vitamin C.

5. Niacinamide dan AHA/BHA

Kandungan niacinamide tidak boleh dicampur dengan AHA/BHA.

Kandungan niacinamide tidak boleh dicampur dengan AHA/BHA. Niacinamide merupakan kandungan yang bisa mengembalikan tekstur kulit. Niacinamide ini lebih dikenal juga dengan vitamin B3.

Mencampur niacinamide dengan AHA/BHA akan membuat pH kulit kamu tidak seimbang. Hal ini bisa berakibat buruk pada kesehatan kulit wajah. Kulit wajah kamu bisa menjadi sangat kering jika menggabungkan kedua bahan ini secara bersamaan.

6. Benzoyl Peroxide dan Retinoid

benzoyl peroxide dan retinoid tidak boles dipakai dalam waktu bersamaan

Skincare yang tidak boleh dicampur dan digunakan secara bersamaan adalah skincare yang mengandung benzoyl peroxide dan retinoid. Kedua kandungan ini jika dicampurkan bisa memicu jerawat dan iritasi.

Padahal benzoyl peroxide merupakan salah satu bahan yang ampuh untuk mengatasi jerawat membandel. Namun jika dicampur dengan skincare yang mengandung retinoid, justru bisa memicu terbentuknya jerawat aktif.

7. AHA/BHA dan Retinol

AHA/BHA dan Retinol adalah kandungan skincare yang tidak boles dipakai dalam waktu bersamaan

Bahan AHA/BHA tidak boleh dicampur dengan retinol.  Retinol mempunyai sifat meregenerasi kulit dengan cepat, sedangkan AHA/BHA juga bisa membantu mengelupaskan kulit mati.

Keduanya jika digunakan secara bersamaan bisa membuat kulit kamu menjadi iritasi dan mengelupas. Efek terburuknya jika kamu menggunakan skincare dengan mencampur 2 bahan ini adalah kulit menjadi merah dan mengalami iritasi. Jerawat juga bisa muncul jika kamu menggabungkan 2 bahan ini.

8. Azelaic Acid dan Glycolic Acid

Azelaic Acid dan Glycolic Acid

Dua kandungan ini biasanya terdapat dalam skincare untuk eksfoliator. Keduanya memang bagus untuk membuka pori-pori dan mengangkat sel kulit mati atau kotoran. Namun menggabungkan keduanya bisa membuat kulit kamu iritasi.

Risiko terburuk yang akan kamu dapatkan jika menggabungkan 2 bahan ini adalah kulit mengelupas parah dan menjadi kering. Biasanya kulit kamu juga akan terasa perih dan sakit.

9. Retinol dan SPF

Jangan pakai Retinol dan SPF dalam waktu bersamaan

Skincare dengan kandungan retinol tidak boleh dicampur dengan SPF. Kedua bahan ini jika digunakan secara bersamaan bisa menimbulkan iritasi pada kulit wajah.

Sebaiknya kamu jangan menggunakan sunblock bersamaan dengan krim atau serum yang mengandung retinol. Hal ini bisa membuat kulit wajah kamu menjadi sensitif dan mengalami iritasi.

10. Vitamin C dan Benzoil Peroksida

Vitamin C dan Benzoil Peroksida

Untuk menghilangkan jerawat, biasanya kamu menggunakan skincare yang mengandung benzoil peroksida. Namun pastikan tidak mencampurnya dengan serum vitamin C atau skincare yang mengandung vitamin C. Pencampuran dua bahan ini bisa berbahaya untuk kulit wajah.

Kulit kamu akan mengalami iritasi yang parah jika mencampurkan skincare dengan kedua kandungan ini. Untuk wajah berjerawat, sebaiknya gunakan serum yang tidak mengandung vitamin C agar jerawat bisa cepat hilang.

11. Niacinamide dan Vitamin C

Niacinamide dan Vitamin C

Campuran kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan selanjutnya adalah niacinamide dan vitamin C. Kedua kandungan ini memang sangat bagus untuk membantu mencerahkan kulit. Namun kamu tidak boleh menggunakan skincare dengan kedua bahan ini secara bersamaan.

Pencampuran keduanya bisa membuat kulit kamu menjadi merah dan gatal. Pilih saja skincare dengan salah satu bahan ini dan hindari memakai produk pencerah lain dengan kandungan yang sama. Jika ingin menggunakannya sebaiknya gunakan di hari yang berbeda.

12. Benzoil Peroksida dan BHA

Benzoil Peroksida dan BHA

BHA memang menjadi salah satu zat aktif dalam skincare yang sangat rentan jika digunakan dengan bahan lainnya. Salah satunya adalah dengan benzoil peroksida. Pencampuran BHA dan benzoil peroksida bisa membuat kulit menjadi gatal dan iritasi.

Efek samping lainnya mencampurkan kombinasi bahan ini adalah kulit menjadi sangat kering dan seperti tertarik. Sebaiknya kamu tidak mencampurkan skincare dengan kedua kandungan ini agar kulit tetap sehat.

13. Pelembap dan SPF

Pelembap dan SPF

Kombinasi kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan yang terakhir adalah pelembap dan SPF. Pelembap dan SPF merupakan 2 skincare yang sangat kamu butuhkan dalam sehari-hari. Namun pemakaiannya secara bersamaan bisa membuat fungsinya tidak optimal.

SPF yang ditumpuk dengan pelembap akan menghilangkan fungsi dari SPF tersebut. Oleh karena itu sebaiknya kamu memberikan jeda jika ingin menggunakan kedua skincare ini. Kamu bisa menjedanya 15 sampai 30 menit sebelum menggunakan salah satu skincare tersebut.

Pastikan kamu tidak mencampurkan skincare dengan kandungan yang sudah disebutkan ini. Kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan ini wajib kamu patuhi agar wajah kamu bisa sehat dan cantik.

Baca Juga:

Check Also

Face Wash Hada Labo

3 Varian Face Wash Hada Labo Harga Terjangkau, Hasil Wow

Ingin punya kulit sehat dan cerah alami seperti orang Jepang, tapi takut harga skincare-nya mahal? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *